YOSL – OIC dan Komunitas RUMAELA Tanda Tangani Nota Kesepahaman Lestarikan Alam dan Budaya Batak

YOSL – OIC dan Komunitas RUMAELA Tanda Tangani Nota Kesepahaman Lestarikan Alam dan Budaya Batak

Oxomedia, Medan– Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Centre (YOSL – OIC) dan Perkumpulan Komunitas Rumahela menandatangi Nota Kesepahaman tentang Kolaborasi Perlindungan dan Pelestarian Alam dan Budaya Batak. Rabu (30/12/2020).

YOSL – OIC dan Perkumpulan Komunitas Rumahela sepakat untuk bekerjasama dalam penguatan kelembagaan melalui peningkatan kapasitas pembangunan manusia, pengembangan progam “Manjou Mula  Mata Mual” dalam rangka penyelamatan air dan Kawasan hutan pusuk buhit, Kabupaten Samosir sekitarnya, pengembangan dan penguatan kolaborasi perlindungan dan kelestarian alam dan budaya Batak, dan pengembangan program pendidikan dan kebudayaan untuk pelestarian alam dan budaya Batak.

Turut hadir dalam penandatangan Nota Kesepaham tersebut Hinca IP Panjaitan, Anggota Komisi III DPR-RI selaku Pembina Perkumpulan Komunitas Rumahela. Nota Kesepahaman ditandatangani oleh Ketua Perkumpulan Rumahela, Diego Albertus Naibaho, SH dan Ketua Pembina Yayasan Orangutan Sumatera Lestari, Panut Hadisiwoyo, SS, MA, MSc.

Hnca Panjaitan menyatakan bahwa Nota Kesepahaman yang akan dikerjakan pada tahun 2021 ini merupakan Kerjasama yang luar biasa dan menitikberatkan ajakan untuk merawat dan memperbaiki dunia lengkap bersama dengan budayanya.

Sementara itu, Pembinan Yayasan Orangutan Sumatera Lestari Panut Hadisiswoyo mengatakan bahwa konservasi tidak dapat dilepaskan dari pelestarian nilai-nilai budaya yang melekat pada masyarakat. Hancurnya hutan berarti menghilangkan nilai-nilai budaya. Kerjasama ini merupakan momentum untuk mengintegrasikan upaya konservasi dengan nilai-nilai budaya, salah satunya melalui program “Manjou Mula  Mata Mual” yang bermakna mengembalikan sumber mata air yang pernah ada tetapi saat ini hilang karena kerusakan hutan dan lahan. (TIM)

Komentar Anda

Baca Juga :  Lebah Begantong, yang Muda yang Mensyiarkan Budaya
Lingkungan