Tim Satgas Covid-19 Pantau Protokol Kesehatan di Dua Objek Wisata Sumut

Tim Satgas Covid-19 Pantau Protokol Kesehatan di Dua Objek Wisata Sumut

Oxomedia, KARO – Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) memantau kepatuhan masyarakat dan disiplin protokol kesehatan di dua objek wisata utama yaitu Berastagi dan Parapat. Kegiatan ini dilakukan untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan menjelang tahun baru 2021.

Dua daerah ini dipilih karena di tahun-tahun sebelumnya dua objek wisata ini menjadi titik kumpul masyarakat dalam merayakan tahun baru. Tim Satgas Covid-19 Sumut ingin memastikan kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan berjalan di dua daerah ini.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan Bupati Karo, Dandim 0205/Tanah Karo (TK), Kapolres Karo dan BPBD Karo. Kita tentu sepakat menjelang tahun baru harus memperketat protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 di Sumut bisa dikendalikan,” Kata Wakil Koordinator Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Satgas Covid-19 Kol Inf Azhar Mulyadi usai pertemuan di Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting Nomor 17 Kabanjahe, Rabu (30/12).

Bersama dengan Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, Kapolres Karo AKBP Yustinus Setyo, Tim Satgas Covid-19 Sumut melakukan operasi yustisi di Berastagi, tepatnya di sekitar Tugu Perjuangan dan Bukit Kubu. Petugas masih menemukan beberapa masyarakat yang belum patuh akan protokol kesehatan terutama anak muda.

“Masih ada yang tidak patuh, jadi kita berikan sanksi fisik dan nonfisik kemudian kita berikan masker. Ini sebagai pengingat kalau Covid-19 masih ada di antara kita. Dan menjelang tahun baru, kedisiplinan protokol kesehatan wajib diperketat,” tegas Azhar

Selain Tanah Karo, Tim Satgas Covid-19 Sumut juga melakukan pemantauan disiplin protokol kesehatan di Parapat. Tim menemukan daerah ini sudah mulai dipadati pendatang dari luar kota dan masih banyak yang melanggar protokol kesehatan. Satgas berkoordinasi dengan pemerintah dan Forkopimda untuk menegakkan protokol kesehatan menjelang akhir tahun.

“Di Parapat juga masih banyak yang melanggar dan daerah ini sudah mulai ramai, baik orang yang hanya melintas dan juga ingin menghabiskan akhir tahun di sini. Kami sangat mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Ini untuk kebaikan kita bersama,” tambah Azhar.

Bupati Karo Terkelin Brahmana memberikan dukungan penuh kepada Satgas Covid-19 Sumut untuk menegakkan protokol kesehatan di daerahnya. Dia menilai masih banyak wisatawan yang masuk ke Sumut mengabaikan protokol kesehatan.

“Ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Tanah Karo. Tentu kita dukung, karena masih sangat banyak wisatawan yang datang ke Karo terutama Berastagi mengabaikan protokol kesehatan walau sudah kita peringatkan saat akan masuk Tanah Karo. Kami sangat berterimakasih tim dari provinsi turun langsung ke daerah kami,” kata Terkelin. (REL)

Komentar Anda

covid19 Peristiwa