Ribuan Orang Mengantre Disuntik Vaksin Corona di Beijing

Ribuan Orang Mengantre Disuntik Vaksin Corona di Beijing

Oxomedia, Beijing –  Ribuan orang mengantre di Beijing, China, untuk menerima suntikan vaksin virus Corona (COVID-19). Otoritas China menargetkan untuk memvaksinasi jutaan orang sebelum musim mudik massal saat Tahun Baru Imlek pada Februari mendatang.

Seperti dilansir AFP, Senin (4/1/2021), laporan media-media China pada Minggu (3/1) waktu setempat menyebut lebih dari 73 ribu orang di Beijing telah menerima suntikan dosis pertama vaksin Corona dalam beberapa hari terakhir, termasuk para pekerja komunitas dan sopir bus setempat.

Otoritas kesehatan setempat pada malam Tahun Baru mengabulkan persetujuan ‘bersyarat’ untuk kandidat vaksin Corona yang dibuat oleh raksasa farmasi China, Sinopharm. Disebutkan bahwa vaksin Sinopharm memiliki tingkat kemanjuran 79 persen.

Vaksinasi Corona di China pun telah dimulai beberapa hari terakhir. Dengan tayangan media nasional China, CCTV, menunjukkan antrean warga di luar rumah-rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat setempat. Orang-orang tersebut menunggu giliran untuk membaca formulir persetujuan dan dicek suhu tubuh mereka sebelum mendapatkan suntikan vaksin Corona.

Para pejabat kesehatan setempat menyebut bahwa gelanggang olahraga dan pabrik-pabrik kosong juga difungsikan menjadi tempat vaksinasi Corona.

Otoritas China berencana memvaksinasi jutaan orang pada musim dingin ini menjelang Tahun Baru Imlek pada pertengahan Februari mendatang.

Diketahui bahwa Beijing telah menyuntikkan sekitar 4,5 juta dosis vaksin darurat yang sebagian belum terbukti tahun lalu — yang menurut otoritas setempat, kebanyakan diberikan kepada para tenaga medis dan pegawai pemerintah yang bertugas di luar negeri.

Namun sekarang China menyusun rencana untuk melakukan vaksinasi Corona secara bertahap yang dimulai dengan kelompok-kelompok penting yang memiliki risiko tinggi tertular virus ini, termasuk pekerja pelabuhan dan logistik, serta orang-orang yang berencana kembali belajar di luar negeri.

China yang menjadi lokasi pertama terdeteksinya virus Corona pada akhir tahun 2019 lalu, telah secara luas membasmi virus ini di dalam wilayahnya, dengan menerapkan lockdown lokal secara cepat dan tes massal ketika ada kasus baru muncul.

Namun negara ini meningkatkan tes dan pengendalian pergerakan setelah serentetan wabah baru muncul, termasuk sejumlah kasus baru di Beijing. (Detik.com)

Komentar Anda

covid19 Peristiwa