Gempa di Jonggol Senin kemaren, BMKG: Bukti Sesar Aktif Dekat Jakarta

Gempa di Jonggol Senin kemaren, BMKG: Bukti Sesar Aktif Dekat Jakarta

Oxomedia, Bandung – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat kejadian gempa darat dekat ibu kota DKI Jakarta pada Senin pagi 4 Januari 2021, pukul 04.10 WIB. Episentrum gempa berkekuatan 2,4 Magnitudo itu berada pada koordinat 6,48 lintang selatan dan 107,10 bujur timur–dalam peta termasuk wilayah Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lokasi tepatnya di Desa Sukagalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. “Gempa akibat aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan,” ujar Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, lewat keterangan tertulisnya, Senin, 4 Januari 2021.

BMKG menggolongkan gempa itu termasuk gempa kerak dangkal. Kedalaman sumbernya terukur hanya 10 kilometer. Meski begitu BMKG tak menerima laporan masyarakat tentang guncangan akibat gempa itu.

Gempa lemah juga pernah terekam di sekitaran Jakarta pada 10 Desember 2019. Saat itu gempa berkekuatan 3,2 M dan terasa dalam skala intensitas II MMI di daerah Cikarang, Bekasi dan sekitarnya. Skala itu diilustrasikan dengan getaran dirasakan sebagian orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Gempa itu dipicu aktivitas sesar aktif dengan kedalaman dangkal 4 kilometer. Pusat sumber atau episenter gempanya berjarak sekitar 27 kilometer arah timur Depok atau 23 kilometer arah tenggara Bekasi.

“Kedua gempa itu menjadi bukti adanya sumber gempa sesar aktif dekat Jakarta, Bogor dan Bekasi,” kata Daryono.

BMKG meminta masyarakat tetap tenang dan tidak mudah terpancing isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Upaya mitigasi struktural yang nyata yaitu dengan cara membangun rumah tahan gempa agar penghuninya selamat kalau terjadi gempa.

“Informasi potensi gempa bukanlah peringatan dini sehingga masyarakat tidak perlu panik,” ujarnya menambahkan.  (BMKG / Tempo.co)

Komentar Anda

Tekno