Berkelang 88 tahun, Sultan Deli XIV Berkunjung ke Kerajaan Bedagai

Berkelang 88 tahun, Sultan Deli XIV Berkunjung ke Kerajaan Bedagai

Oxomedia, SERGAI–  Sultan Deli XIV tuanku Mahmud Lamantjiti Perkasa Alam berkunjung ke Kerajaan Bedagei yang  kini berada dalam wilayah Kabupaten Serdang Bedagai  Selasa (5/01)

Sebelum memasuki pusat kerajaan di Tanjung Beringin, beliau yang didampingi orang orang Besar Kesultanan Deli dan Negeri Bedagai menyempatkan diri bertemu dengan Plt Bupati Sedang Bedagai Ir. H.  Soekirman yang didampingi oleh Wakilnya yang akan dilantik menjadi Bupati Serdang Bedagai Februari nanti H. Darma Wijaya bertempat di  Kantor Bupati di Sei Rampah.

Dalam pertemuan singkat di Kantor Bupati Serdang Bedagai dan kemudian berpindah ke aula sultan Serdang, Tuanku Aji (Sebutan singkat bagi nama Sultan Deli XIV tuanku Mahmud Lamantjiti Perkasa Alam) memaparkan maksud dan tujuan beliau mengunjungi Negeri Bertuah ini.

Sebelumnya Soekirman selaku pejabat tertinggi di Kabupaten Serdang Bedagai juga memaparkan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah setempat terhadap pelestarian dan pengembangan adat dan budaya di kabupaten tersebut. Termasuk pemakaian busana melayu di jajaran kantor bupati setiap jumat 2 kali sebulan.

Tuanku Aji berkisah bahwa Sultan Deli yang pertama kalinya datang di Tanah Bertuah Negeri Beradat pada tahun 1930-an. “Sultan Deli pertama datang di Tanah Bertuah Negeri Beradat adalah pada tahun 1930-an, nah, hingga hari ini belum ada Sultan Deli yang datang lagi di Kabupaten ini, untuk itu, saya adalah Sultan Deli kedua yang datang di Serdang Bedagai,” Sebutnya.

“Semoga silaturahmi ini akan tetap terjalin untuk memajukan Kabupaten Serdang Bedagai.” Lanjut Tuanku Aji lagi yang didampingi oleh  Panglima Besar Deli Tengku Aga Gandar Wahid dan Raja Bedagai Tengku Pangeran Nara Kelana  Ir.  Achmad Syafei.

Usai bersilaturahmi dengan Plt. Bupati dan wakil serta beberapa Kadis di jajaran kabupaten tersebut melepas  Sultan Deli XIV tuanku Mahmud Lamantjiti Perkasa Alam  untuk berziarah kubur dalam Kompleks Pemakaman Kesultanan Kerajaan Bedagai bertempat di belakang Masjid Jami Ismailiyah di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin.

Baca Juga :  Delapan DPW FORMAD dilantik, berikut Titah Sultan Deli XIV

Setelah sholat zuhur berjamaah di Masjid Jamik Ismailiyah, Sultan Deli XIV tuanku Mahmud Lamantjiti Perkasa Alam berkesempatan bertatap muka dengan beberapa pemuka adat dan tokoh Melayu di Bedagai lalu menaburkan bunga diatas makam raja Bedagai pertama Tengku H Ismail Soeloeng Laoet.

Sebagaimana diketahui Kerajaan Bedagaia dalah salah satu diantara tiga wazir Kesultanan Deli, selain Kejuruan Percut dan Kerajaan Padang Tebingtinggi, ujar Tengku Achmad Syafei kepada tim Oxomedia di Masjid Raya Ismailiyah.

“Tengku H. Ismail Soeloeng Laoet selaku Raja Bedagei yang pertama adalah zuriat langsung daripada Sultan Osman yang merupakan Sultan Deli VII” tutur Tengku Pangeran Bedagei. (BOB)

Komentar Anda

Humaniora Sosok