Dinilai ‘Hasut Kericuhan’, Akun Medsos Trump Diblokir

Dinilai ‘Hasut Kericuhan’, Akun Medsos Trump Diblokir

Oxomedia– Terkait kerusuhan di Capitol, Washington DC. Facebook Inc, termasuk Instragram memblokir akun milik Donald Trump.

Pemblokiran dilakukan sejak Kamis (7/1), untuk menghindari Trump melakukan hasutan dan provokasi terhadap para pendukungnya. Bos Facebook, Mark Zuckerberg mengutuk tindakan kekerasan yang dilakukan para pendukung Trump di gedung kongres Capitol.

“Kami percaya bahwa jika Presiden terus diizinkan menggunakan jasa kami dalam periode ini, resikonya terlalu besar,” ujar CEO Facebook Inc, Mark Zuckerberg seperti dilansir AFP.

Pada Rabu (6/1), Twitter juga mengunci sementara akun Donald Trump selama 12 jam dan menghapus tiga ‘cuitan’nya yang dinilai melanggar aturan berat. Twitter juga mengatakan jika Trump tetap melanggar aturan Twitter- termasuk ancaman kekerasan- maka akunnya akan diblokir secara permanen.

Media sosial lain yaitu YouTube Google juga turut merespon kerusuhan tersebut dengan menangguhkan akun milik Donald Trump.

Sebelumnya, pendukung Trump terlibat bentrok dengan polisi dan berhasil menerobos ke dalam Gedung Kongres (Capitol Hill). Pendukung Trump bahkan mengobrak-abrik sejumlah ruangan pribadi anggota Kongres dan ruang sidang, akibatnya sidang sempat reses akibat kejadian itu.

Sampai saat ini, dilaporkan ada empat orang tewas dalam kerusuhan tersebut. (*)

Komentar Anda

Baca Juga :  Tiga Tahun Eramas, DPRD Sumut : Tak Ada Setoran Jabatan, Kasus Korupsi Menurun
Global Polhukam