Ratusan Pengungsi Rohingya Melarikan diri

Ratusan Pengungsi Rohingya Melarikan diri

Oxomedia, Lhokseumawe – Setelah diserahkan kepada pihak United Nation High Commissioner for Refugees (UNHCR) pada 4 Desember 2020, sebanyak 249 pengungsi Rohingya melarikan diri dari kamp pengungsian yang berada di Desa Meunasah Mee Kandang, Kecamatan Muara Dua, Senin 11 Januari 2021.

Kepala Dinas Sosial Lhokseumawe, Ridwan Jalil, menyampaikan laporan terakhir yang diberikan oleh UNHCR bahwa pengungsi saat ini hanya tersisa 103 orang. Pihaknya juga menyesalkan hal tersebut, terlebih pengamanan yang dilakukan bukan dari personel TNI-Polri, akan tetapi hanya memanfaatkan warga sekitar.

“Kami sudah rapat dengan pihak UNHCR, agar terus memberikan laporan setiap perkembangan yang terjadi di lokasi pengungsian. Hal ini agar kami juga bisa melaporkan kepada pemerintah pusat, kalau ada yang terjadi namun UNHCR tidak melaporkan pada kami, ya tentu saja kami tidak bisa menjawab,” katanya.

Ridwan juga menyampaikan, agar pihak UNHCR dan IOM memfasilitasi para pengungsi agar tidak ada lagi warga Rohingya yang melarikan diri. Selain itu, segala kegiatan di lokasi pengungsian tetap dilakukan mulai dari pelatihan maupun pembangunan.

“Kalau sanksi tidak ada ya, tapi kita terus membangun komunikasi dengan pihak UNHCR agar ke depannya tidak ada lagi yang kabur. Kalaupun nantinya lokasi itu sudah kosong, kita akan gunakan gedungnya untuk Pemerintah Kota Lhokseumawe,” pungkasnya. (KBA.ONE)

 

Komentar Anda

Baca Juga :  Edy Rahmayadi Minta Siosar Ditata Rapi, Dibangun Sarana Olahraga hingga Pertanian
Peristiwa Polhukam