Riau Kebut Tol Menuju Jambi

Riau Kebut Tol Menuju Jambi

Oxomedia, Pekanbaru, –  Pembangunan jalan tol yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Provinsi Jambi terus dikebut.  Pelaksana harian (Plh) Sekdaprov Riau, Masrul Kasmy,mengatakan cepat atau lambatnya pengerjaan jalan tol arah selatan tersebut dipengaruhi oleh dukungan pemerintah kabupaten yang wilayahnya dilintasi tol.

“Terutama dukungan pengadaan tanah sesuai petunjuk teknis (juknis) yang ada. Saat ini ruas tol itu masuk tahap pengadaan tanah yang merupakan tugas Badan Pertanahan Negara. Dan dukungan pemerintah daerah sangat penting dalam mempercepat pembangunan tol itu,” jelasnya di Pekanbaru, Senin (11/1).

Diketahui, jalan tol Riau – Jambi, bakal melintasi Kabupaten Indragiri Hulu dengan Rengat sebagai ibukota kabupaten. Adapun panjang bentangan tol Rengat – Jambi mencapai 198 kilometer, dimana 82 kilometer sepenuhnya berada di wilayah Provinsi Riau.

Nantinya, juga akan dibangun jalan tol yang menghubungkan Rengat dengan Kota Pekanbaru. Ruas tol ini memiliki panjang 206 kilometer. Bentangan tol arah Jambi bakal bersambung dengan tol Jambi-Sumatera Selatan, dan menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera.

Kementrian PUPR memproyeksikan pada tahun 2023 Kota Banda Aceh dan Lampung akan terhubung oleh Tol Trans Sumatera.

Adapun Kota Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau bakal memiliki tiga akses jalan tol, meliputi: jalan tol Pekanbaru-Dumai, tol Pekanbaru-Bangkinang arah Sumatera Barat, dan tol Pekanbaru-rengat arah Jambi. Dari ketiga ruas tol itu,tol Pekanbaru-Dumai merupakan satu-satunya tol yang fungsional.

Sementara itu pengamat ekonomi dari Universitas Riau, Edyanus Herman Halim, mengungkapkan selain pentingnya membuka akses jalan tol, kesiapan infrastruktur pendukung juga diperlukan, terutama yang berkaitan dengan peningkatan nilai ekonomi.

“Misalnya pengoptimalan balai latihan tenaga kerja, sebagai antisipasi munculnya giat industri setelah tol rampung. Jangan sampai industri berkembang tapi pekerja kebanyakan dari luar,” tekannya. (Gatra.com)

Baca Juga :  Presiden Beberkan Manfaat Pembangunan Tol Trans Sumatera

 

Komentar Anda

Nasional