Innalillahi, Tokoh Medan Utara yang Dikenal Dermawan Haji Doyong Tutup Usia

Innalillahi, Tokoh Medan Utara yang Dikenal Dermawan Haji Doyong Tutup Usia

Oxomedia, Medan- Kabar duka datang dari Tokoh Melayu Medan Utara, Haji Razali Doyong. Ayah kandung dari Wakil Wali Kota Medan Terpilih H. Aulia Rachman itu tutup usia 67 tahun, Rabu pagi (13/1/2021).

Kabar berpulangnya tokoh Medan Utara yang dikenal dermawan itu mengejutkan banyak pihak, salah satunya datang dari Pengurus Ikatan Masyarakat Adat Melayu Medan Utara (IMAMMU), Syahrial yang menyimpan banyak kenangan tentang Almarhum.

“Sungguh kami merasa sangat kehilangan. Haji Doyong dikenal masyarakat di sini sebagai sosok yang dermawan, sering membantu masyarakat termasuk keluarga kami juga,” ungkap Syahrial.

Syahrial yang juga pegiat budaya Melayu itu mengungkapkan, selain kepedulian pada pengembangan budaya Melayu, Haji Doyong juga dikenal sebagai sosok relijius yang sering membantu kegiatan keagamaan khususnya Islam.

“Sering membantu pembangunan Masjid, beliau nadzir di Masjid lingkungan kami, momen yang tidak terlupakan setiap pagi sehabis subuh kami selalu diajak sarapan bersama beliau,” jelasnya.

Ungkapan duka juga datang dari Ketua Laskar Melayu Hang Tuah, Fachroel Rozi.

“Masyarakat Melayu Kota Medan kehilangan sosok dermawan yang peduli pada bangsa dan agama,” tukas Rozi.

Bagi Rozi, kepergian Haji Razali Doyong merupakan kehilangan besar bagi masyarakat adat Melayu, karena Almarhum memilki kepedulian yang besar bagi pengembangan budaya Melayu dan Agama Islam yang merupakan identitas utama orang Melayu.

Penulis sendiri mengenal Almarhum ketika bekerja di salah satu travel umroh di Medan. Dalam kenangan penulis, Haji Doyong yang kemudian penulis ketahui merupakan pengusaha ekspedisi itu sering berangkat umroh bersama keluarganya. Dari penuturan salah seorang anak Almarhum pada kami, Ayah Haji Doyong selalu menolak berpergian ke luar negeri, kecuali untuk kegiatan ibadah umroh.  Dalam ingatan penulis, tak jarang Almarhum turut pula memberangkatkan umroh karyawan dan masyarakat sekitar lingkungannya.

Baca Juga :  43 Korban Sriwijaya Air Teridentifikasi, DVI Polri Serahkan 32 Korban Ke Keluarga

Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu.

(TIM)

Komentar Anda

Humaniora Peristiwa