Rektor USU Runtung Sitepu Juga Dilaporkan Terkait Isu Plagiarisme.

Rektor USU Runtung Sitepu Juga Dilaporkan Terkait Isu Plagiarisme.

OXOMEDIA ,- Runtung Sitepu, Rektor USU ini menghukum Rektor USU terpilih Dr. Muryanto Amin atas dasar Self Plagiarsm. Universitas Sumatera Utara pun memanas, kini giliran Rektor USU yang masih menjabat Prof Runtung Sitepu kena laporkan juga terkait plagiarisme.

Laporan itu disampaikan pelapor ke laman Lapor.go.id yang terdisposisi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan telah diteruskan ke USU serta Pemkab Karo. Dalam surat itu, Wakil Rektor II USU, Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K) menyerahkan laporan yang telah diteruskan oleh Kemendikbud untuk ditindaklanjuti dalam kurun waktu 50 hari.

Laporan dugaan plagiarisme itu diketahui dari surat nomor 218/UN5.1.R2/SDM/2021 tentang pengaduan di Lapor.go.id. Surat tersebut ditujukan ke Rektor USU dan diteken oleh Wakil Rektor II USU, Prof Fidel Ganis Siregar, pada 11 Januari 2021.

Surat tersebut berisi penjelasan tentang adanya laporan dugaan plagiat atas nama Runtung Sitepu, Mahyuddin KM Nasution, Farhat, Maria Kaban, Kharisma Prasetya Adhyatma, Fauriski F Prapiska, Ginanda Putra Siregar, dan Syah Mirsya Warli.

Jabatan Runtung sendiri akan selesai pada Januari 2021. Dia akan digantikan oleh Rektor terpilih Muryanto Amin yang sebelumnya menjabat sebagai Dekan FISIP USU. Muryanto Amin saat ini diterpa isu self-plagiarism.  Self-plagiarism adalah pemakaian lagi karya sendiri secara signifikan, identik, atau mendekati identik, tanpa memberi tahu tindakan itu atau tanpa merujuk karya aslinya.

Fidel menjelaskan bahwa website Lapor.go.id adalah salah satu instrumen untuk menyampaikan aduan yang dikelola langsung oleh kepresidenan, dalam kasus aduan ini akan diteruskan ke Kementerian Pendidikan dan diteruskan lagi ke USU. Surat Pengaduan itu juga ditembuskan kepada Wakil Rektor I, III, IV dan V Universitas Sumatera Utara.

Baca Juga :  Wali Kota Tinjau Pelaksanaan MTQ ke-54

“Kalau ini tidak direspon, maka grade-nya turun. Artinya yang ada di Lapor.go.id maka wajib dijawab. Kenapa saya laporkan Runtung Sitepu ke Lapor.go.id bukan sebagai atasan saya tapi sebagai individu. Karena jika ada audit, ketahuan tidak dilaporkan, maka jeleklah USU, jeleklah Rektornya. Jadi laporan ini bukan untuk pihak luar, tapi untuk internal saja,” ungkapnya. (REL/Detik/Idn)

Komentar Anda

Polhukam Sumut