Komjen Listyo Sigit Impikan Polisi di Lapangan Tanpa Bawa Pistol

Komjen Listyo Sigit Impikan Polisi di Lapangan Tanpa Bawa Pistol

Jakarta – Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo mencita-citakan polisi ke depan tanpa membawa pistol saat bertugas di lapangan. Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan cita-cita itu bisa diwujudkan jika kepercayaan publik kepada Polri tinggi.

“Penting sekali kami berusaha untuk mencoba berandai-andai bagaimana kalau polisi kami ke depan di lapangan tanpa pistol begitu, Pak. Kemudian bisa bicara anda berhenti bubar dan itu dilaksanakan, itu cita-cita kami pak. Itu bisa terjadi pak kalau kepercayaan publik terhadap Polri tinggi dan itu adalah impian kami dan mudah-mudahan bisa kami wujudkan,” kata Komjen Listyo Sigit Prabowo saat fit and proper test di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021).

Komjen Listyo Sigit Prabowo juga berharap Polri diawaki SDM yang unggul. Dia juga menitikberatkan pada penggunaan teknologi dalam pelayanan masyarakat.

“Memang betul pak saat ini kami sudah masuk di tahap excellent, namun tentunya semua yang kami uraikan tadi, Pak, bagaimana membentuk postur Polri yang Presisi, itu tidak lepas dari upaya kami untuk memberikan rasa trust, membangun kepercayaan masyarakat kepada polisi,” kata Listyo Sigit Prabowo.

Dengan penggunaan teknologi itu, risiko interaksi polisi dan masyarakat menjadi berkurang. Maka, kata Sigit, penyalahgunaan wewenang pun bisa dihindari.

“Bagaimana kita memanfaatkan teknologi informasi itu tidak lepas dari upaya kita untuk menciptakan kultur baru, budaya baru, budaya polisi yang melayani kita, mengurangi risiko interaksi yang kemudian itu bisa mengakibatkan penyalahgunaan wewenang,” kata Sigit.

“Sehingga napas daripada program excellent yang coba kami masukan dalam program presisi ini adalah sejalan bagaimana membangun kepercayaan dengan memanfaatkan teknologi informasi merubah budaya layanan ini adalah bagian dari upaya supaya Polri bisa lebih dipercaya masyarakat,” sambung dia. (REL/detik.com/knv/fjp)

Baca Juga :  Jokowi Lantik Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri Hari Ini

 

Komentar Anda

Nasional Polhukam