Cantik dan Cerdas, Gadis Minang Ini Jadi Mahasiwi S3 Termuda di ITB

Cantik dan Cerdas, Gadis Minang Ini Jadi Mahasiwi S3 Termuda di ITB

OXOMEDIA – Banyak orang bercita-cita menempuh pendidikan hingga jenjang tertinggi. Namun karena berbagai alasan, hal itu tak selalu mudah untuk diraih. Karenanya, seorang wanita bernama Maya Nabila dikagumi setelah sukses melanjutkan studi S3 di usia yang sangat muda yakni 21 tahun. Ia pun menjadi mahasiswa Strata-3 termuda di kampusnya, Institut Teknologi Bandung. Ini Kisahnya.

Awalnya, Maya memasuki SD saat usia lima tahun, saat SMA ia juga mengambil program akselerasi dan merampungkannya di usia 15 tahun. Maya kemudian menempuh pendidikan di Universitas Andalas program studi Matematika dalam kurun waktu kurang dari empat tahun. Kemudian, Maya melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 2 (S2) di ITB yang sudah menjadi impian sejak kecil karena motivasi sang Ayah yang pernah menimba ilmu di sana. Maya mengikuti program dari Dikti yakni Program Magister dan Doktor untuk Sarjana Unggulan (PMDSU).

Maya berhasil menyelesaikan S2 pada 2021 dan langsung melanjutkan pendidikan ke jenjang S3. Meski sangat muda, Maya mengaku dapat menyesuaikan diri dengan bahan ajar berkat dukungan dari rekan-rekan dan para pengajar. Tak hanya bisa kuliah S3 di usia sangat muda, ia pun mengambil program studi yang sering dianggap sulit. Wanita kelahiran Padang itu belajar ilmu Matematika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Maya pun bercerita mengenai perjalanan akademisnya yang tidak biasa. Ia mengaku memang suka belajar sejak kecil dan didukung oleh latar belakang keluarga. “Sejak dari dulu aku memang suka belajar hal baru dan alhamdulillah ada kesempatan lanjut S2/S3 dengan program PMDSU, mungkin juga ada faktor lingkungan keluarga, soalnya papa juga kuliah sampai S3,” Ujar Maya”.

Keberhasilan saya tidak lepas dari andil pembimbing saya Pak Prof. Edy Tri Baskoro, lalu Kaprodi (Kepala Program Studi) saya Bu Dr. Intan Muchtadi dan Kaprodi baru saya Pak Khresna Imaduddin, Ph.D karena berkat beliau sekalian, saya bisa seperti sekarang,” tandas wanita berdarah Minang itu. (oxo/12)

 

Komentar Anda

Sosok