Diduga Hirup Gas Beracun, 4 Orang di Mandailing Natal Meninggal.

Diduga Hirup Gas Beracun, 4 Orang di Mandailing Natal Meninggal.

OXONEWS – Mandailing Natal,- Sebanyak 4 orang warga tewas dan 20 orang lainnya dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Penyabungan karena diduga keracunan akibat menghirup gas beracun di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut), Senin (25/1/2021).

Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi membenarkan kejadian 4 orang warga di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, yang meninggal dunia karena diduga keracunan menghirup menghirup hidrogen sulfida (H2S) yang mengandung racun tersebut.

“Sudah ada tim yang dikerahkan untuk menyeldiki penyebab tewasnya 4 orang warga di Desa Sibanggor Julu. Sejumlah warga dan pekerja proyek membangun power plant pembangkit listrik tenaga panas bumi berupa area sumur panas bumi, masih dimintai keterangan,” ujar Hadi Wahyudi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, ada pembangunan power plant pembangkit listrik tenaga panas bumi berupa area sumur panas bumi yang berasal dari perut bumi. Pembangunan ini oleh PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP). Di mana saat itu pengerjaan welpet T sudah mencapai 80%.

Fatimah, salah seorang dari keluarga korban keracunan menghirup gas itu menyampaikan, saat kejadian para korban yang tewas sedang berada di tengah sawah, yang lokasinya hanya berjarak sekitar berjarak 100 meter dari pipa gas milik PT SMGP di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

“Beberapa jam sebelum kejadian, ada beberapa orang pekerja perusahaan meminta izin untuk membuka lubang gas bumi. Namun sekitar pukul 12, tiba-tiba gas mulai keluar dan menyebar karena dibawa angin. Mungkin beracun, orang yang ada di situ menghirup kemudian pingsan,” ujar Fatimah.

Disebutkan, warga yang meninggal dunia itu berada dalam satu tempat. Dari jumlah 6 orang dalam satu tempat di tengah sawah, 4 orang di antaranya meninggal dunia. Hal yang sama juga terjadi pada 18 orang warga sekitar, langsung pingsan akibat menghirup gas yang mengalami kebocoran dari pipa,” sebutnya. ( REL / BERITASATU )

Baca Juga :  Gubsu Bentuk Tim Medis Khusus Untuk Obati 2 Anak Dari Madina

Komentar Anda

Peristiwa Sumut