Presiden Beberkan Manfaat Pembangunan Tol Trans Sumatera

Presiden Beberkan Manfaat Pembangunan Tol Trans Sumatera

Oxomedia,  Palembang, – Presiden Joko Widodo meyakini satu per satu jalan bebas hambatan atau tol yang tersambung di Pulau Sumatera akan mengerek ekonomi di daerah itu. Saat meresmikan jalan tol Kayu Agung-Palembang di Sumatera Selatan, Jokowi membeberkan manfaat yang akan diterima masyarakat.

“Jalan tol ini adalah poros terpenting dari jalan tol Trans Sumatera. Poros utama backbone, Sumatera bagian selatan, ruas terakhir yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni bisa tembus sampai Palembang,” kata Jokowi saat meresmikan tol tersebut di lokasi, Selasa 26 Januari 2021.

Terbentang sepanjang 42,5 kilometer, dengan adanya infrastruktur tersebut, jarak Bakauheni sampai ke Palembang menjadi lebih cepat. Jarak tempuh sepanjang 337 kilometer kini hanya bisa dijangkau 3-4 jam perjalanan sejak truk atau pembawa barang turun dari kapal.

“Ini akan menjadi sebuah lompatan besar karena menghemat waktu tempuh hingga 75 persen dan efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan memberikan competitiveness, daya saing yang besar bagi Palembang, bagi Lampung,” ujar Presiden.

“Oleh sebab itu, saya titip kepada gubernur, pada bupati, wali kota agar jalan tol ini disambungkan pada sentra-sentra ekonomi, sentra pariwisata, kawasan industri, sentra pertanian, sentra perkebunan, sambungkan. Berikan akses penghubung ke sana manfaat ekonominya akan maksimal dan ini adalah tugas pemerintah provinsi, tugas pemerintah daerah,” tutur Kepala Negara.

Jokowi juga memperkirakan, pemerataan pembangunan bakal terjadi. Sebab, pembangunan jalan tol ini berdekatan dengan Pulau Jawa. Selain itu, harga tanah kompetitif dan luas.

“Dan membuka lapangan pekerjaan di daerah yang sebanyak-banyaknya sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Jokowi. (viva.co.id)

Komentar Anda

Baca Juga :  Wagub Sumut Terima Usulan Pembangunan Tapanuli Utara
Ekonomi Peristiwa