Ganti pembangkit diesel, PLN akan bangun PLTS

Ganti pembangkit diesel, PLN akan bangun PLTS

Oxomedia, Jakarta –  PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bakal membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan total kapasitas mencapai 600 MW yang tersebar di daerah terpencil.

Direktur Perencanaan Korporat PLN M Iqbal Noor mengungkapkan langkah ini diharapkan mampu menekan konsumsi BBM dari proyek pembangkit diesel yang ada. “Kami merencanakan bangun 600 MW PLTS substitusi pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) di remote area,” kata Iqbal dalam diskusi virtual, Kamis (4/2).

Iqbal menambahkan, akselerasi pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT) yang tengah konstruksi memang menjadi salah satu pekerjaan rumah perusahaan setrum pelat merah tersebut.

“De-dieselisasi (untuk) memberikan listrik bagi daerah terluar,” jelas Iqbal.

Ia menambahkan, dengan dedieselisasi juga diharapkan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan PLN untuk BBM bahan pembangkit listrik.

Selain itu, PLN juga berencana menjalin kerjasama untuk pemanfaatan biomassa demi mengurangi CO2 yang dihasilkan dari pembangkit batubara.

Iqbal menambahkan, realisasi bauran EBT per tahun lalu baru mencapai 12%, sementara di tahun 2025 mendatang diharapkan bisa mencapai 23%. (KONTAN.CO.ID -)

 

 

 

Komentar Anda

Baca Juga :  Token listrik gratis PLN diperpanjang, begini cara klaimnya untuk Maret 2021
Ekonomi Tekno