Ditengah Polemik yang Belum Usai, IAKMI Sumut Gelar Webinar

Ditengah Polemik yang Belum Usai, IAKMI Sumut Gelar Webinar

Oxomedia, Medan– Ditengah polemik pasca Musyawarah Daerah (MUSDA) Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Sumatera Utara, beredar flyer tentang “Pelantikan dan Webinar dengan Tema IAKMI as Public Health Leader” yang rencananya digelar siang ini, Senin (22/2).

Seperti diberitakan sebelumnya, Musda IAKMI Sumut yang menetapkan Destanul Aulia, SKM, MBA, MEc, P.hD sebagai Ketua Terpilih IAKMI Sumut periode 2021 – 2024 masih menyisakan polemik yang belum diselesaikan hingga berita ini kami turunkan.

Sejumlah pengurus IAKMI Sumut menyatakan bahwa Musda IAKMI Sumut yang berlangsung 9 Februari lalu itu sarat akan cacat etika dan moral. Polemik yang muncul pada Musda tersebut terkait laporan pertanggung jawaban pengurus periode sebelumnya yang tidak dibahas lebih lanjut, termasuk soal Kas IAKMI Sumut yang kosong hingga dugaan bagi-bagi uang yang dilakukan Destanul Aulia untuk memenangkan dirinya.

Menurut RB Daulay, SKM, Wakil Sekretaris Pengda IAKMI Sumut Periode 2010-2013, dan 2013-2016 bahwa akan lebih bijak bila pengurus pusat menunda pelantikan dan memberikan perhatian secara serius untuk memastikan kasus bagi-bagi uang kas organisasi IAKMI SUMUT diselesaikan. “Pengurus Pusat IAKMI jangan hanya berpedoman kepada AD/ART IAKMI saja, namun Kode Etik  Profesi Kesehatan Masyarakat harusnya juga menjadi pedoman,” ujarnya.

Ditambahkan Daulay, IAKMI adalah salah satu organisasi terbesar yang fokus di bidang kesehatan masyarakat jangan sampai meninggalkan bahkan memunculkan masalah baru Pasca MUSDA apabila Pengurus Pusat tidak merespon keinginan akar rumput untuk menyelesaikan masalah ini secara terang benderang dan adil.

“Yang menjadi pertanyaan besar adalah mengapa Pengurus Besar IAKMI tidak memberikan perhatian serius terhadap masalah ini? Bagi-bagi uang kas sisa hasil kegiatan merupakan hal yg serius dan tidak main-main dan pengurus pusat harus tegas,” tukas Daulay.

Baca Juga :  Kunjungi Kepulauan Nias, Menko PMK Soroti Stunting

Sementara itu, Destanul Aulia yang dihubungi awak media memilih bungkam saat dimintai keterangannya, Sampai dengan berita ini ditayangkan, Ede Surya Darmawan ketua Umum pengurus pusat IAKMI belum dapat dikonfirmasi.

(*)

Komentar Anda

Peristiwa