Gandeng AEKI Sumut, Kemenparekraf Gelar Bimtek Online untuk Barista

Gandeng AEKI Sumut, Kemenparekraf Gelar Bimtek Online untuk Barista

Oxomedia, Medan– Direktorat Pengembangan SDM dan Ekonomi Kreatif – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar “BUSTA” Bimtek untuk Barista, yang dilaksanakan secara Online dan Offline (Hybrid), Rabu (24/2)

Menggandeng Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Sumatera Utara, kegiatan ini diikuti 1632 peserta yang mendaftar dan berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Bimbingan teknis yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan tentang kopi untuk barista profesional ini dibimbing langsung oleh pengajar profesional dari AEKI Sumut.

Dimulai pukul 09.00 WIB, sebelum pembukaan kegiatan Bimtek untuk Barista diawali dengan hiburan dari grup musik Lebah Begantong. Kemudian, kegiatan dibuka dengan laporan kegiatan oleh Ketua Panitia Jemy Alexander.

Dipandu oleh moderator Fadli Hazmi dan  narasumber Sujonsen dari AEKI Sumut. Di awal kegiatan, Sujonsen dari AEKI Sumut bercerita tentang perjalanan sejarah Kopi. Pengenalan sejarah kopi menurut Sujonsen salah satu aspek yang cukup penting dalam industri kopi, “Story telling dapat menjadi kekuatan dan daya tarik industri pariwisata khususnya kopi,” ucap Sujonsen.

Digelar selama dua hari (24-25 Februari), selain materi perjalanan sejarah kopi, di hari pertama Bimtek untuk Barista juga memberikan materi tentang pengenalan kopi arabika robusta, excelsa dan arabika, metode proses pasca panen, pengenalan alat dan metode manual brew, praktik manual brew v60, dan materi praktek aero press, French press dan Vietnam drip.

(TIM)

Komentar Anda

Baca Juga :  Bersama Forum Masyarakat Adat Deli, Sultan Deli Ke XIV Silaturahmi dan Berdialog dengan Masyarakat Medan Utara
Humaniora Peristiwa