Peringatan HPSN 2021,  Sampah Masker Jangan Dibuang Utuh

Peringatan HPSN 2021, Sampah Masker Jangan Dibuang Utuh

Oxomedia, Sibolangit – Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, Dr Ir Hotmauli Sianturi meminta masyarakat untuk bijak dalam memilah sampah dengan menerapkan prinsip 3R yaitu, Reduce, Reuse dan Recycle.

Pasalnya, selama masa pandemi Covid-19 timbunan sampah meningkat sampai 30 persen. Timbunan limbah B3 medis ternyata menjadi penyumbang meningkatnya sampah jika dibandingkan dengan masa normal atau sebelum pandemi Covid-19.

“Saya imbau kalau membuang sampah masker jangan dibuang utuh. Harus digunting, karena kalau di buang utuh begitu saja, dikhawatirkan akan menyangkut ke hewan atau satwa liar, “pinta Hotmauli Sianturi saat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 di Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, Selasa (23/02/2021) kemarin.

Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 tersebut juga turut dihadiri Kabid Konservasi Wilayah I, Mustafa Imran Lubis, Kabid Teknis, Irzal Azhar dan Kepala Resort Konservasi Wilayah Taman Wisata Alam Sibolangit, Samuel Siahaan SP.

Persoalan sampah kata Hotmauli, merupakan persoalan lingkungan hidup. Karena menyangkut hajat hidup seluruh makhluk. Jadi, masalah ini, tidak boleh dibiarkan begitu saja. Karena semua pihak bertanggungjawab untuk mengurangi sampah. Minimal dimulai dari diri sendiri dengan mengurangi penggunaan plastik.

Namun, untuk mengubah pola pikir dalam mengurangi sampah tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh waktu dan kampanye yang terus-menerus agar kebiasaan membuang sampah sembarangan dan mengurangi sampah bisa jadi gerakan massal.

“Harapan kita, kampanye yang dilakukan ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat, “imbuhnya. Sementara itu, Kabid Konservasi Wilayah I, Mustafa Imran Lubis mengatakan peringatan HPSN yang dilaksanakan di TWA Sibolangit ini merupakan pelaksanaan HPSN ke-16 dengan tema Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi.

Baca Juga :  Capaian Vaksinasi Nakes Masih Jauh dari Target

Para peserta yang ikut terlibat dalam peringatan HPSN ini juga telah menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menggunakan Masker).

Kegiatan ini kata Mustafa, diawali dengan memungut sampah di seputaran TWS Sibolangit oleh, Kelompok Sadar Wisata Berseri Desa Sibolangit, Relawan Peduli Sampah, Mister Tourism Indonesia, Little Miss Indonesian Earth 2021, Dinas Pariwisata Deliserdang dan Dinas Lingkungan Hidup Deliserdang.

Selain itu, kegiatan juga diisi dengan demo pemilahan sampah dan penyerahan tempat sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Deliserdang. (BOB/rel/Mimbarrrakyat.co.id)

Komentar Anda

covid19 Lingkungan