Peringati Hut Damkar dan Penyelamatan Ke-102, Wali Kota Medan Akan Menambah Kantor UPT Dinas P2K

Peringati Hut Damkar dan Penyelamatan Ke-102, Wali Kota Medan Akan Menambah Kantor UPT Dinas P2K

Oxomedia, Medan – Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution,SE.MM berencana akan menambah tiga Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pencegahan dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan guna semakin cepat membantu masyarakat yang membutuhkan petugas Damkar. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Medan saat menghadiri peringatan Hut Damkar dan Penyelamatan Ke-102 tingkat kota Medan di Lap. Merdeka Medan, Senin (1/03).

Peringatan Hut Damkar dan Penyelamatan ini juga ditandai dengan penanaman bibit pohon mahoni secara simbolis oleh Wali Kota Medan didampingi Kepala Dinas P2K, Drs. Albon Sidauruk, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Muhammad Husni,SE, M.Si, dan Camat Medan Barat, Rudi Faizal Lubis,AP.MSi. Selain Wali Kota Medan, penanaman bibit pohon serupa juga dilakukan oleh Ketua Taruna Merah Putih Sumut dan Kota Medan yang turut hadir dalam acara tersebut. Wali Kota Medan mengatakan saat ini fungsi petugas Damkar tidak hanya memadamkan api saja melainkan juga fungsi penyelamatan, karenanya perhatian khusus harus diberikan kepada Dinas P2K Kota Medan baik dalam jumlah penambahan armada dan juga penambahan kantor UPT Dinas P2K.

“Selain kita menambah armada, kita juga akan menambah kantor UPT tujuannya agar jarak tempuh kendaraan pemadam ke lokasi yang dibutuhkan masyarakat tidak terlalu jauh lagi, ketentuanya 15 menit respon timenya, kita upayakan bisa kurang dari 15 menit,”kata Wali Kota Medan. Para petugas nantinya juga akan diberikan pelatihan guna menunjang kinerja dalam bertugas memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

“Di tengah kondisi saat ini kita harus bisa beradaptasi menyiapkan peralatan dan juga petugas yang harus diberikan pelatihan lagi untuk menjawab tantangan kedepanya agar semakin optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,”lanjut Wali Kota Medan. Sementara itu Kepala Dinas P2K, Albon Sidauruk mengatakan bibit pohon mahoni yang akan di tanam berjumlah 2000 bibit yang nantinya akan ditanam di beberapa titik guna mendukung penghijauan di Kota Medan.

Baca Juga :  15 Januari Pemko Medan Mulai Laksanakan Vaksinasi Covid-19

“Kita rencanakan 2000 bibit pohon akan kita tanam dalam waktu satu tahun.”kata Albon. Terkait dengan penambahan Kantor UPT Dinas P2K, Albon menjelaskan saat ini sudah ada empat kantor UPT diantaranya di jalan Borobudur, Amplas, KIM, dan juga Belawan. Nantinya akan ditambah tiga kantor UPT lagi di Tuntungan, Helvetia dan Letda Sujono.

“Kita upayakan sampai tahun 2024 kita bisa memiliki 9 kantor UPT, ditambah lagi kita sudah memiliki aplikasi E-Damkar yang memudahkan masyarakat untuk menghubungi petugas melalui aplikasi “ujar Albon. (BOB/REL)

Komentar Anda

Peristiwa