Tiga Kecamatan diselimuti Abu Vulkanik  pasca Erupsi Sinabung

Tiga Kecamatan diselimuti Abu Vulkanik pasca Erupsi Sinabung

Oxomedia, Tiganderket – Tiga kecamatan di Kabupaten Karo terkena dampak abu vulkanik pasca terjadinya erupsi Gunung Sinabung, Selasa (2/3) pagi.

“Sampai sekarang sudah ada tiga kecamatan, Tiganderket, Tiga Binanga dan Kutabuluh,” kata Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin.

Natanail mengatakan saat ini pihaknya dibantu personel TNI dan Polri sudah melakukan penyiraman terhadap kecamatan yang diselimuti abu vulkanik.

“Saat ini BPBD Karo bersama TNI-Polri sedang melakukan penyiraman abu vulkanis di kecamatan yang terdampak seperti di Tiga Binanga,” ucapnya.

Sebelumnya, pada pukul 06.42 WIB Gunung Sinabung mengalami erupsi sejauh 2.000 meter mengarah ke arah Timur dan Tenggara. Sementara pada pukul 07.15 WIB meluncurkan kolom abu setinggi 5.000 meter.

Untuk diketahui, Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) saat ini berada pada status level III (siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanis.

Selain itu, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanis yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.(BOB/Analisadaily.com)

Komentar Anda

Baca Juga :  FIFGROUP Salurkan Bantuan Korban Banjir dan Gempa di 10 Titik di Indonesia
Peristiwa