Kunjungi Medan, Program Semangat Usaha Lokal Ajak UKM Kembangkan Bisnisnya

Kunjungi Medan, Program Semangat Usaha Lokal Ajak UKM Kembangkan Bisnisnya

ShopeePay wujudkan komitmen dukung perekonomian lokal dan akselerasi inklusi keuangan di Medan melalui program cashback 60%

 

Oxomedia, Medan, – Setelah secara resmi diluncurkan pada awal Maret, ShopeePay sebagai penyedia layanan pembayaran digital terunggul di Indonesia, hari ini menghadirkan program ShopeePay Semangat Usaha Lokal di kota Medan, Sumatera Utara.

Untuk menjangkau merchants dan pegiat usaha di Medan, ShopeePay berkolaborasi empat pusat kuliner (pujasera) yakni Medan Night Market, Pasar Raya Rakyat Marelan, Mega Park Medan, dan Metrolink Street Market. Selama tanggal 2-8 Maret, ShopeePay menghadirkan promo cashback spesial 60% untuk mendorong  transaksi digital di masyarakat dan mendorong pemilik usaha untuk memaksimalkan fitur dan layanan pembayaran digital ShopeePay.

Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay mengatakan, “Program Semangat Usaha Lokal merupakan solusi dari hulu ke hilir yang ShopeePay hadirkan untuk menyokong pertumbuhan ekonomi lokal selama pandemi dan pemerataan akselerasi inklusi keuangan di seluruh wilayah Indonesia.

Medan merupakan salah satu kota besar yang menjadi pusat bisnis di pulau Sumatera serta berkontribusi sebagai salah satu penggerak ekonomi nasional. Dengan program ini, mereka akan mendapat visibilitas lebih besar untuk menjangkau lebih banyak konsumen, baik yang sudah atau belum pernah menggunakan ShopeePay, untuk bertransaksi di gerai UKM yang ada di pusat kuliner di Medan.”

Berdasarkan data Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara pada Maret 2020, Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) merupakan salah satu pilar penggerak ekonomi lokal dengan kehadiran lebih dari 2.8 juta unit usaha. Sebagai langkah nyata untuk mendukungperkembangan bisnis pegiat Usaha Kecil Menengah (UKM) di Sumatera Utara, khususnya Medan, ShopeePay menghadirkan program Semangat Usaha Lokal.

Baca Juga :  Mitra Bukalapak Gandeng Kowantara Untuk Bantu Ketahanan Bisnis Warteg Lewat Literasi Digital

Masa pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini turut berpengaruh pada daya beli dan kebiasaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kini, masyarakat semakin mengandalkan transaksi secara digital yang lebih praktis dan menguntungkan. Hadirnya program cashback 60% ShopeePay di sejumlah pujasera di kota Medan diharapkan mampu menjadi nilai tambah bagi para pemilik bisnis UKM untuk mendorong transaksi di gerainya.

Berdasarkan data ShopeePay untuk Sumatera Utara, ShopeePay mencatat adanya peningkatan transaksi 3,5 kali lipat selama pandemi dibandingkan sebelumnya. Melalui program Semangat Usaha Lokal, ShopeePay bertujuan untuk mendorong transaksi digital di UKM Sumatera Utara agar meningkat lebih besar lagi.

“Pandemi telah berdampak bagi seluruh lini bisnis dari kecil hingga besar, namun pegiat UKM di Medan memiliki tantangan yang lebih besar karena ketatnya persaingan bisnis di kota ini.

Menambah kanal penjualan dan mengadopsi pembayaran digital merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk menjangkau lebih banyak konsumen, khususnya selama pandemi.

Dengan ditambah hadirnya program ShopeePay Semangat Usaha Lokal, saya berharap program ini dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis UKM di kota Medan kepada lebih banyak konsumen di Kota Medan.” ujar Randy Raharja, Chief Operating Officer Chicken Holic yang merupakan salah satu mitra usaha ShopeePay di Medan.

Bagi pegiat UKM, khususnya di Sumatera Utara, Randy membagikan beberapa strategi untuk mempertahankan eksistensi dan mengembangkan usaha selama masa pandemi:

  • Mengatur ulang strategi bisnis

Pandemi mengharuskan pegiat usaha untuk mengatur ulang strategi bisnisnya guna mempertahankan usaha dan menarik kembali minat konsumen. Strategi bisnis yang perlu disusun kembali oleh sebuah brand tidak hanya berfokus pada strategi marketing saja, namun juga efisiensi biaya produksi, mempersiapkan cashflow, hingga memahami karakter pangsa pasar dari setiap gerai.

  • Hadirkan layanan yang dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan
Baca Juga :  5 Resep Olahan Selai Kacang Untuk Menu Buka Puasa

Setiap pegiat usaha diharuskan bersiap diri di segala aspek untuk memenuhi ekspektasi pelanggan dan beradaptasi dengan kondisi saat ini. Hal-hal yang perlu diperhatikan mulai dari jumlah produk, metode pengiriman, hingga sistem pembayaran digital yang mudah dan aman seperti ShopeePay.

  • Selalu terbuka dan beradaptasi

Inovasi dan adaptasi adalah kunci bagi keberhasilan bisnis. Terbukalah terhadap berbagai masukan baik dari konsumen hingga pihak pihak yang mendukung bisnis seperti layanan pengantaran hingga ke konsumen agar lebih memahami strategi yang tepat dalam memberikan layanan dan produk yang sesuai kebutuhan masyarakat.

Selain melalui program Semangat Usaha Lokal, ShopeePay juga memperkenalkan Mitra Shopee sebagai layanan yang dapat membantu para pemilik warung tradisional di Medan dan kota lainnya guna memberikan kesempatan bagi mereka mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan produk pulsa, paket data, token PLN, voucher game dan produk digital lainnya. (BOB/REL)

Komentar Anda

Ekonomi Gaya Hidup