Program “Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft”, pelaku UMKM dibekali kemampuan digital untuk pengembangan bisnis

Program “Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft”, pelaku UMKM dibekali kemampuan digital untuk pengembangan bisnis

Bukalapak dan Microsoft Luncurkan Pelatihan Digital Bagi UMKM Demi Tingkatkan Literasi Digital dan Bangun Dampak Berkelanjutan

 Oxomedia, Jakarta, – Bukalapak dan Microsoft bekerja sama untuk meningkatkan literasi digital dan meningkatkan kapabilitas pemanfaatan teknologi di kalangan pelaku UMKM melalui program pelatihan digital bertajuk “Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft”. Inisiatif ini juga bertujuan untuk membantu para pelaku usaha kecil dan menengah meraih lebih banyak kesempatan dan berkontribusi pada terbangunnya dampak sosial dan ekonomi yang berkelanjutan di tanah air.

Sebagai salah satu penyokong ekonomi Indonesia, UMKM memiliki peran yang penting dalam mendorong jalannya roda perekonomian. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah mencatat setidaknya terdapat lebih dari 64 juta unit UMKM yang berkontribusi 97 persen terhadap total tenaga kerja dan 60 persen PDB nasional. Oleh karena itu, membekali pelaku UMKM dengan kemampuan digital adalah suatu langkah yang krusial guna mendorong perkembangan dan kapasitas bisnis sektor usaha ini.

Melalui program ini, para pelapak dan Mitra Bukalapak yang terdiri dari pemilik warung serta agen individual di seluruh Indonesia berkesempatan untuk mengikuti pelatihan digital yang meliputi topik-topik dari mulai menggunakan komputer, berkomunikasi lewat online, hingga membuat konten digital, berkolaborasi dengan mengelola konten secara digital, serta menggunakan teknologi secara aman dan bertanggung jawab.

Ke depannya, literasi digital atau kemampuan menggunakan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari akan sama pentingnya dengan kemampuan seperti membaca, menulis, dan berhitung. Agar masyarakat Indonesia bisa maju, kami berharap suatu saat, digital literacy rate di Indonesia bisa sama dengan literacy ratenya, yaitu mendekati 100%. Untuk mencapai hal tersebut, tentunya dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi dari berbagai pihak untuk bergotong royong.

 Untuk itu, Microsoft sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dan Bukalapak sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang berfokus ke UMKM, bekerjasama dan meluncurkan program belajar digital bareng ini dengan harapan, melalui teknologi kami dapat menjangkau lebih banyak UMKM, memberikan lebih banyak manfaat. dan menjadikannya UMKM yang berkualitas dan berdaya saing”, ujar Rachmat Kaimuddin, CEO Bukalapak, di acara peluncuran virtual Berkembang Bersama: Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft (8/3).

Baca Juga :  Kursus Kartu Prakerja Gelombang 12 Kembali Dibuka di Bukalapak

Hal ini didukung oleh pernyataan dari Haris Izmee, President Director Microsoft Indonesia di kesempatan yang sama.

Bukalapak telah memberikan dampak yang nyata dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. Melalui inovasi yang tiada henti, Bukalapak telah menciptakan berjuta peluang baru bagi pelapak, mitra, dan pengguna Bukalapak. Dalam hal ini, Microsoft berkomitmen untuk mendukung Bukalapak dengan teknologi komputasi awan yang terpercaya, yang memungkinkan Bukalapak untuk meningkatkan kepuasan pengguna Bukalapak dan sisi lain memungkinkan karyawan Bukalapak untuk berkolaborasi dan berinovasi secara maksimal dalam mendukung pelapak, mitra beserta keluarga untuk mendapatkan manfaat yang nyata dari kemitraan ini”,  ujar Haris.

Platform “Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft” akan segera diluncurkan secara resmi pada bulan Maret tahun ini. (BOB/REL)

Komentar Anda

Ekonomi