Satu Tahun Pandemi: Karakteristik Adopsi Transaksi Digital Bersama DANA

Satu Tahun Pandemi: Karakteristik Adopsi Transaksi Digital Bersama DANA

Oxomedia, Jakarta – Setahun sudah pandemi Covid-19 muncul dan mendorong terjadinya perubahan besar-besaran di berbagai sektor. Perkenankan kami menyampaikan informasi terbaru dari DANA yang berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi yang tepercaya, ramah dan mudah digunakan serta bisa diakses oleh siapapun sebagai bentuk upaya DANA untuk ikut menggerakkan roda perekonomian selama pandemi.

Selain sektor ekonomi dan kesehatan, perubahan yang paling terlihat selama pandemi adalah perubahan sosial budaya, tepatnya gaya hidup serta cara interaksi masyarakat. Hampir semua aktivitas kini menjadi virtual dan contactless berkat teknologi digital.

Studi global terbaru yang dilakukan oleh satu perusahaan teknologi terkemuka memperlihatkan bahwa selama setahun terakhir, 84% konsumen Indonesia  sudah mulai beralih ke digital untuk terhubung dengan produk maupun brand. Fakta ini diperkuat dengan 80% konsumen yang mengategorikan diri mereka sebagai “digitally curious” atau “digital explorer.”

Selama masa pandemi, DANA memantau adanya peningkatan pada geliat pelaku usaha di berbagai bidang. Hal ini direfleksikan dalam catatan DANA yang menunjukkan pertumbuhan hingga 125% pada mitra usaha yang menggunakan DANA Bisnis dan memanfaatkan QRIS dalam setahun terakhir. Pertumbuhan ini tidak hanya terjadi di kota-kota besar di Indonesia.

DANA juga mencatat bahwa pertumbuhan terjadi cukup merata di wilayah lainnya. Lima provinsi yang mengalami pertumbuhan DANA Bisnis diantaranya adalah Aceh, Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Kelimanya menduduki posisi lima teratas untuk provinsi dengan penyerapan DANA Bisnis yang pesat dengan kenaikan tertinggi mencapai lebih dari 700%.

Di samping jumlahnya yang melesat, tren bisnis selama pandemi juga terbilang unik. Berdasarkan data yang dimiliki DANA, jenis usaha yang banyak didaftarkan melalui DANA Bisnis tidak hanya terbatas pada bisnis kuliner dan artisan tetapi juga banyak bermunculan mitra bisnis pada jenis usaha hobi, seperti toko hobi dan gim, tanaman, hingga jasa.

Baca Juga :  Pembiayaan perubahan Iklim responsif Gender untuk Mengentaskan Perempuan dari Kemiskinan

Sepanjang 2020, DANA meluncurkan sedikitnya 20 fitur untuk membantu masyarakat menghadapi tantangan yang muncul serta ikut mendorong perekonomian nasional, khususnya UMKM yang sangat terdampak pandemi.

Sejumlah inisiasi juga sempat dihadirkan untuk membantu pengguna dalam beraktivitas selama masa pandemi ini.

Selain itu, ada juga fitur DANA Delivery yang memudahkan masyarakat maupun UMKM melakukan pengiriman barang. DANA juga dipercaya menjadi salah satu platform digital untuk penyaluran dana insentif Program Kartu Prakerja.

“DANA berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi yang tepercaya, ramah dan mudah digunakan serta bisa diakses oleh siapapun, juga bersinergi dengan mata rantai ekosistem perekonomian digital guna meningkatkan kontribusi terhadap masyarakat maupun perekonomian Indonesia,” tandas Vince selaku CEO dan Co-Fouder DANA . (BOB/REL)

 

Komentar Anda

Ekonomi Tekno