Afif Abdillah Dukung Penerapan Perda Kawasan Tanpa Rokok

Afif Abdillah Dukung Penerapan Perda Kawasan Tanpa Rokok

Medan – oxomedia ,- Menjelang hari TBC Dunia, anggota DPRD Kota Medan Afif Abdillah menjadi salah satu nara sumber pada talkshow yang dilaksanakan oleh North Sumatera Youth Tobacco Control Movement pada tanggal 22 Maret 2021.

Talkshow yang bertajuk Mengawal Implementasi Perda KTR Kota Medan itu menghadirkan 3 orang nara sumber yaitu OK Syahputra Harianda ( Direktur Yayasan Pusaka Indonesia ), Afif Abdillah ( Anggota DPRD Kota Medan ) dan dr Pocut Fatimah Fitri, MARS( Kasie PTM Dinas Kesehatan Kota Medan ).

Dalam diskusi tersebut, dr Poucut Fatimah mengatakan penegakan Perda KTR merupakan Perda yang terberat untuk dilaksanakan karena hal ini menyangkut prilaku masyarakat serta melawat zat adiktif yang terdapat dalam kandungan rokok.

Afif Abdillah yang juga merupakan Ketua Partai Nasdem Kota Medan mendukung penuh penerapan Perda Kawasan Tanpa Rokok yang telah disahkan sejak tahun 2014 itu. Afif mengatakan bahwa penerapan perda Kawasan Tanpa Rokok ( KTR ) harus menjadi perhatian penting. Bahkan Afif mengusulkan agar sanksi administratif terhadap pelanggaran Perda KTR no. 3 tahun 2014 itu dipertegas. Jika perlu, denda yang diberlakukan itu ditambah menjadi 500 ribu misalnya, ujar Afif Abdillah.

“Dengan penerapan sanksi yang benar benar ditegakan, maka pengelola gedung akan ikut menjadi pengawas penerapan Perda KTR. Termasuk di gedung yang menjadi milik pemerintah,” Sambung Afif Abdillah.

Afif Abdillah juga mengusulkan agar Pemko Medan membuat sebuah Aplikasi khusus agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam melaporkan pelanggaran Perda KTR.

Hal ini langsung disambut oleh Direktur Yayasan Pusaka Indonesia, OK Syahputra Harianda, dengan mengatakan bahwa saat ini mereka sedang mempersiapkan sebuah Aplikasi berbasis Android dengan fungsi yang sama dengan apa yg dimaksud oleh Afif Abdillah.

Aplikasi tersebut rencananya akan dirilis pada beberapa pekan mendatang. Informasi ini pun disambut baik oleh kedua nara sumber dan seluruh peserta talkshow yang merupakan aktifis muda pendukung gerakan pembatasan tembakau di Sumatera Utara.

Diskusi yang menghadirkan pemuda di Sumatera Utara ini juga dilakukan secara daring yang diikuti oleh puluhan pelajar dan Mahasiswa di Sumatera Utara.

Zulkadri, Koordinator Simpul gerakan pemuda NSYTCM ini berikrar akan mengembangkan organisasi dan berkomitmen untuk mengawal penerapan perda KTR di berbagai tempat di Sumatera Utara nantinya. (OXO/TA)

Komentar Anda

Sumut