Meteor di Siang Bolong Bikin Langit London Makin Terang

Meteor di Siang Bolong Bikin Langit London Makin Terang

Oxomedia London, – Bintang jatuh di siang bolong yang langka, membuat langit biru Inggris ‘melolong’. Meteor bola api kesiangan itu memicu ledakan sonik keras di beberapa bagian langit Inggris Raya dan Prancis selama akhir pekan. Live Science, 24/03.

Ledakan sonik terjadi pada pukul 14:50 waktu setempat pada Sabtu (20 Maret) dan dilaporkan terdengar di barat daya Inggris, Wales dan Prancis utara, menurut Sky News. Pada awalnya, kebanyakan orang berasumsi bahwa suara itu adalah hasil dari jet tempur, tetapi Kementerian Pertahanan dengan cepat mengumumkan bahwa ini tidak mungkin terjadi, menurut BBC.

Namun, segelintir orang di Twitter mengatakan mereka telah menyaksikan kilatan cahaya terang di langit pada saat yang sama, dan berkat citra satelit, itu kemudian dipastikan sebagai meteor bola api, menurut BBC.

Meteor itu adalah bolide -jenis meteor bola api terbesar dan paling terang- dan harus “sangat besar” agar bisa terlihat pada siang hari, kata Richard Kacerek, dari Jaringan Pengamatan Meteor astronom amatir Inggris, kepada BBC.

Pada 28 Februari, meteor bola api besar lainnya menerangi langit malam di atas Inggris dan dilihat oleh sejumlah orang yang berpotensi memecahkan rekor, menurut laporan Live Science sebelumnya .

Meteor bola api adalah jenis meteor yang sangat terang yang memancarkan cahaya sama atau lebih besar dari Venus di langit malam, menurut American Meteor Society (AMS) .

Bola api menyala terang karena ukuran dan kecepatannya – kebanyakan bola api berasal dari asteroid induk yang diameternya setidaknya 3,3 kaki (1 meter). Meteor menabrak atmosfer Bumi yang memperlambatnya akibat gesekan dan memanas, melepaskan energi dalam bentuk cahaya tampak, menurut AMS.

Baca Juga :  Terjadi Pergeseran Poros Bumi dan Perubahan Iklim, Ahli BMKG menjelaskan

Bola api terbesar dan paling terang, seperti bolide ini, dapat dilihat pada siang hari, dan karena mereka sering memasuki atmosfer dengan kecepatan yang lebih cepat daripada kecepatan suara, mereka sering membuat ledakan sonik sebelum pecah.

Beberapa ribu meteor bola api membakar atmosfer bumi setiap hari. Namun, sebagian besar luput dari perhatian karena tidak cukup terang untuk dilihat pada siang hari, atau karena terjadi di atas lautan dan daerah tak berpenghuni lainnya pada malam hari, menurut AMS.

Ledakan sonik biasanya merupakan indikator bahwa meteor tersebut cukup besar untuk mendarat di Bumi sebagai meteorit.

“Biasanya ketika Anda mendengarnya, itu pertanda baik bahwa Anda memiliki batu yang berhasil mencapai permukaan,” kata Ashley King, seorang ilmuwan UKFall  kepada BBC. “Ini sangat mengasyikkan dan saya sedikit terpana.”

Setelah meteor bola api pada 28 Februari di Inggris, sebuah keluarga di Gloucestershire membantu mengumpulkan  meteorit tersebut setelah mendarat di jalan masuk mereka, Live Science melaporkan sebelumnya .

Meteorit seperti ini dapat memberi tahu kita lebih banyak tentang tata surya kita dan bagaimana ia terbentuk. UKFall sekarang telah meminta orang-orang di barat daya Inggris untuk mencari meteorit baru tersebut, menurut BBC.

Namun, beberapa ahli memperkirakan bahwa itu mungkin telah mendarat di laut di Saluran Bristol, menurut Sky News. (BOB/ Gatra.com/BBC/LiveScience)

Komentar Anda

Peristiwa