Hidayatullah, Satu-satunya anggota DPR-RI dari Puak Melayu Deli

Hidayatullah, Satu-satunya anggota DPR-RI dari Puak Melayu Deli

Oxomedia, Medan – Dalam catatan sejarah anggota DPR-RI tak banyak yang berpuak melayu duduk didalam gedung megah di Senayan Jakarta. Namun salah seorang anggota dewan tersebut berasal dari Hamparan Perak, Deli yang bernama H. Hidayatullah, SE.

Dalam pertemuan dengan DPP Forum Masyarakat Adat Deli (FORMAD) hari sabtu, 3 april lalu  H. Hidayatullah mengingatkan soal kewajiban mempertahankan eksistensi kesukuan karena kabilah dan suku suku tidak dihilangkan dalam Islam, malah dikuatkan dengan Al-Quran surat 49 ayat 13 : Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.

Dan kelak tanggung jawab eksistensi suku ini akan ditanyakan Allah di akhirat.Pada masing-masing orang ujarnya lagi kepada DPP FORMAD dan awak media di cafe Mendai yang berada dalam kompleks istana Maimoon.

Selain itu Hidayatullah juga menyampaikan bahwa tugasnya sebagai Anggota DPR Komisi XI Keuangan dan Perbankan bermitra kerja dengan Bank Indonesia memiliki program-program sosial CSR yang bisa menyentuh masyarakat budaya, seperti beasiswa, bantuan alat produksi kerajinan, pemberdayaan sanggar sanggar, kube, dan lain sebagainya.

Selanjutnya Hidayatullah berharap FORMAD bisa menjadi ormas yang bisa bersinergi dalam program tersebut dan juga bersinergi dengan pemerintah baik pusat maupun di daerah sebagai mitra pemerintah disela acara  penyerahan bantuan speaker aktif untuk kegiatan keorganisasian dan seni budaya DPP FORMAD.

Dijelaskan sekretaris umum FORMAD OK. Mukhlis bahwa atok daripada H.Hidayatullah,SE bernama Muhammad Yatim dari Hamparan Perak adalah anak angkat Seripaduka Tuanku Sultan Mahmud Al-Rasyid Perkasa Alam Shah yang merupakan sultan Deli yang ke-8. Hal ini terjadi ketika Sultan Mahmud sedang melakukan ibadah haji di Mekkah Al-Mukarromah.

Baca Juga :  Kesederhanaan Milad Perdana FORMAD

Sebagaimana diketahui bahwa Hidayatullah merupakan anggota DPR-RI satu satunya dari Puak Melayu Deli (Hamparan Perak) yang berasal dari Dapil Sumut I yaitu Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi. (BOB)

Komentar Anda

Sosok