Di Sibiru-biru, Bunga Bangkai Mekar Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Di Sibiru-biru, Bunga Bangkai Mekar Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Oxomedia, Sibiru-biru,-   Untuk kedua kalinya bunga bangkai (Amorpophallus titanum) mekar bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Desa Namo Suro Baru, Kecamatan Sibiru biru, Kabupaten Deli Serdang. Setelah tahun lalu, tahun ini juga bunga bangkai mekar sempurna pada Sabtu,  5 Juni 2021 tepat pukul 20.30 WIB.

Pengamatan bunga bangkai  ini sudah dimulai oleh anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Alam Ras Namo Suro Baru (WARAS NASUBA), Sastra Milala,  satu bulan lalu sejak tumbuhnya calon bunga. Sebelum mekar tanggal 5 Juni 2021, bunga ini juga telah mekar pada tanggal 13 Mei 2021 yang lalu. Bunga bangkai yang mekar pada tanggal 5 Juni 2021 tingginya mencapai 130 cm, dengan lebar bunga saat mekar 127 cm dan tinggi tongkol (spadix) 150 cm.

Pokdarwis WARAS NASUBA berdiri sejak awal  Juli 2020 dan menjadi binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang dalam pengembangan wisata terutama wisata edukasi Konservasi Bunga Bangkai. Bunga bangkai mengilhami  sekaligus menjadi  logo Pokdarwis WARAS NASUBA dalam pengembangan wisata yang berkelanjutan.

Pada kunjungan Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang diwakili Kepala Bidang Teknis Ir Irzal Azhar, M.Si., didampingi Staf Ida Marni dan Samuel Siahaan, SP. ke lokasi, Minggu  6 Juni 2021, sangat mengapresiasi kepedulian Pokdarwis dalam menjaga kelestarian habitat bunga bangkai dengan adanya tanda pembatas yang dipasang beserta poster himbauan berupa larangan agar tidak mengganggu bungka bangkai. Dalam kunjungan tersebut, Kabid Teknis disambut Ketua Pokdariws WARAS NASUBA,  Eron Tarigan didampinggi Anggota Pokdariws lainya, memberi semangat untuk berkarya dan berbuat dalam pengembangan wisata khususnya dalam upaya konservasi bunga bangkai. (BOB/REL)

Baca Juga :  Bayi Gajah Baru Lahir di Tangkahan, Menteri KLHK: Diberi Nama Siapa?

Komentar Anda

Lingkungan