Gubsu Bentuk Tim Medis Khusus Untuk Obati 2 Anak Dari Madina

Gubsu Bentuk Tim Medis Khusus Untuk Obati 2 Anak Dari Madina

Oxomedia, Medan — M Haykal Nasution (9) dan Habibah Zakira Nasution (3), bocah yang mengalami penyakit kelainan pada kulit, resmi dirujuk ke Rumah Sakit Haji Medan, Senin (5/7). Saat ini terhadap kedua anak asal Kabupaten Mandailing Natal tersebut, sedang dilakukan observasi secara komprehensif oleh tim dokter.

dr Harry Yusmanadi selaku Kepala Satuan Tugas Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB), menjamin pelayanan yang baik akan dilakukan pihak RS Haji Medan terhadap Haykal dan Habibah. Keluarga Haykal dan Habibah tidak perlu memikirkan apapun untuk upaya penyembuhan buah hati mereka, karena semuanya akan ditanggung oleh Pemprov Sumut.

“Sekarang ini mereka sedang ditangani secara maksimal oleh pihak RS. Tidak perlu mereka memikirkan dan terbebani sedikit pun soal biaya. Misalnya dia punya BPJS Kesehatan yang tertunda, itu akan diselesaikan oleh Dinas Kesehatan provinsi, lalu RS Haji melakukan kerja semaksimal mungkin, tanpa memikirkan kendala-kendala yang ada. Hal ini merupakan arahan dan amanah dari Bapak Gubernur Edy Rahmayadi,” ujarnya menjawab wartawan, kemarin.

Dikatakannya, oleh tim dokter, terhadap Haykal dan Habibah sedang dilakukan observasi dan evaluasi atas penyakit bawaan lahir yang diderita keduanya. Pemeriksaan oleh tim dokter nantinya pun, tidak hanya terhadap keduanya melainkan kedua orangtuanya.

“Orangtua mereka juga akan dimonitor. Ini kan masih dalam proses observasi penyebabnya. Makanya saat ini kita belum dapat memberikan sebuah konklusi, perlu ada suatu analisa, pemeriksaan lab secara berkala, nanti beberapa hari ke depan baru bisa memenej dengan baik metode pemberian pengobatan secara terintegrasi. Jadi bukan dari kulit saja, dari (dokter) anak juga bisa. Kemudian proses konsultan-konsultan pun bisa dikomunikasikan,” terangnya.

Bahkan, lanjut Harry, Gubsu Edy meminta harus ada tim khusus untuk penanganan Haykal dan Habibah. Di mana setiap hari mesti dilakukan evaluasi dan menganalisis terhadap perkembangan keduanya. “Yang pasti sekarang mereka masih dilakukan observasi oleh dokter kulit dan dokter anak. Ruangannya pun dipisah. Jadi ini akan terus dianalisa dan dievaluasi oleh dokter, sebab mereka ini mengalami penyakit dari lahir,” pungkasnya.

Baca Juga :  Menyelisik Alasan Edy Rahmayadi Belum Izinkan Sekolah Tatap Muka

Gubsu Edy bersama Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis sebelumnya menjenguk Haykal dan Habibah di Jalan Karya Jaya Medan Johor, Minggu (4/7) sore. Sesampainya di lokasi, Edy langsung melihat kondisi sang anak dan berbicara dengan ibu kedua anak tersebut, Khairunisa Rangkuti (27), seraya mempertanyakan awal mula penyakit yang diderita sang anak. Usai mendengar penuturan Khairunisa, Gubsu pun langsung meminta agar kedua anak tersebut pada hari itu juga segara dirujuk ke RS Haji Medan.

“Insya Allah, kedua anak ini akan ditangani sampai sembuh, karena mereka adalah masyarakat Sumut. Dan saya mohon maaf karena baru mengetahui kabar ini,” ucapnya yang ditemani dokter spesialis kulit RS Haji Medan, Harry dan lainnya.

Menurut keterangan orangtua si anak, Edy menyebut kedua bocah itu sudah berkali-kali berobat ke RS namun tidak sembuh juga, dan akhirnya mereka memilih jalur alternatif.

“Jadi menurut orang tuanya, sejak lahir itu sudah ada seperti luka bakar dan melepuh bercak, akhirnya hingga sampai saat ini, luka itu menyebar hingga membuat jarinya putus,” katanya.

Gubsu juga telah memerintahkan pihak RS Haji Medan untuk membentuk tim, yang dipimpin dokter spesialis anak Inke Lubis dan didukung oleh dokter spesialis lainnya, yang akan mendiagnosis penyebab sakit anak tersebut. “Kalau dari historis anak dan kedua orangtuanya tinggal di Madina, apakah penyebab faktor lingkungan dan sebagainya, dan ini harus kita teliti, dan diagnosis dulu,” katanya.

Khairunisa Rangkuti (Nisa) mengucap syukur dan berterimakasih atas perhatian Gubsu Edy untuk kedua anaknya. Diharapkan dengan perhatian Gubsu ini, harapan baru untuk solusi penyakit anaknya ini mendapatkan kesembuhan.

“Saya berterimakasih pada pak gubernur yang akan membawa anak-anak saya ke rumah sakit yang akan dirawat dan akan tahu penyebab sakitnya ini, dan mudah-mudahan segera sembuh,” katanya.

Baca Juga :  Gubsu Edy: Bukan Partai Kaleng-Kaleng, PPP Partai Warisan Ulama

Komentar Anda

Sumut