Kimia Farma  Gelar Vaksinasi  Berbayar

Kimia Farma Gelar Vaksinasi Berbayar

Gotong Royong Individu untuk Percepat Herd Immunity

Oxomedia, Jakarta  – PT Kimia Farma Tbk. menyiapkan pelaksanaan Vaksinasi Gotong  Royong (VGR) Individu dalam bentuk soft launching selama dua hari pada Jumat dan Sabtu (9- 10 Juli 2021). Menurut rencana Kimia Farma (KF) akan membuka klinik vaksinasi individu secara  resmi pada Senin (12/7). Berdasarkan riset beberapa lembaga, terdapat permintaan (demand)  dari kelompok masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi secara individu agar segera mendapat  perlindungan kesehatan pribadi. Kementerian BUMN mengapresiasi inisiatif itu sebagai usaha  untuk mendukung percepatan vaksinasi. Wakil Menteri BUMN Pahala N. Mansyuri menyatakan  bahwa Vaksinasi Gotong Royong (VGR) Individu dapat mempercepat pembentukan kekebalan  komunal (herd immunity) sehingga pemulihan perekonomian nasional dapat berjalan lebih cepat.

“Pelayanan Vaksinasi Individu oleh Kimia Farma Group ini merupakan upaya untuk  mengakselerasi penerapan Vaksinasi Gotong Royong dalam membantu program vaksinasi  Indonesia untuk mencapai herd immunity secepat-cepatnya. Kimia Farma sebagai bagian dari  Holding BUMN Farmasi berkomitmen untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak  untuk mempercepat vaksinasi nasional baik melalui Vaksinasi Gotong Royong Perusahaan  maupun Individu,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan VGR Individu di Klinik Kimia Farma Senen,  Jakarta Pusat, Sabtu (10/7).

Vaksinasi Gotong Royong individu ini sejalan dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes)  No. 19 Tahun 2021 tentang perubahan atas Permenkes No. 10/2021 tentang Pelaksanaan  Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk. Verdi Budidarmo menjelaskan bahwa saat ini adalah saat  yang tepat untuk melakukan vaksinasi individu, karena pertambahan jumlah kasus Covid-19 di  Indonesia. Di tahap awal program ini baru menyentuh 6 kota dengan 8 klinik. Namun secara  perlahan KF akan memperluas jangkauan itu, termasuk ke pusat-pusat perbelanjaan di kota-kota  besar.

Baca Juga :  Fakta, Vaksin China & Rusia Banyak Tak Dipercaya Warga Dunia

“Setelah menjalankan Vaksinasi Gotong Royong perusahaan, Kimia Farma memberikan pilihan  baru bagi masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi sendiri. Kami siap memberikan layanan  vaksinasi Individu melalui klinik-klinik kami di seluruh wilayah Indonesia. Dalam tahap pertama,  kami baru memberikan pelayanan ini di delapan klinik di Jawa dan Bali,” ujarnya melalui siaran  pers, Sabtu (10/7).

Seperti halnya VGR perusahaan, pelaksanaan vaksinasi individu ini dilakukan oleh cucu usaha  PT Kimia Farma Tbk., yaitu PT Kimia Farma Diagnostika (KFD). KFD sendiri mengelola 422 klinik  dan 73 laboratorium di seluruh wilayah Indonesia serta memiliki tenaga kesehatan seperti dokter  dan perawat.

Plt. Direktur Utama KFD Agus Chandra menyatakan, lokasi awal VGR Individu dilakukan di dua  tempat yaitu Klinik KFD Pulo Gadung Jakarta Timur dan KFD Senen Jakarta Pusat sekaligus  untuk melihat kesiapan di lapangan. Calon peserta vaksinasi nantinya akan mengikuti prosedur  yang segera dipublikasikan dengan biaya sesuai yang ditetapkan Pemerintah.

“Selain Jakarta di dua klinik di Pulo Gadung dan Senen, mulai Senin depan, 6 klinik lainnya, yaitu  KF Blok M (Jakarta), KF Supratman (Bandung), KF Citarum (Semarang), KF Sukoharjo (Solo),  KF Sedati (Surabaya) dan KF Batubulan (Bali) siap memberi pelayanan. Total kapasitas VGR  individu dari 8 klinik ini sebanyak 1.700 peserta per hari.” Ujarnya.

Adapun, 8 klinik VGR Individu tahap perdana yang akan memberi pelayanan adalah sebagai  berikut:

  1. Jakarta KF Senen, kapasitas 200 orang per hari
  2. Jakarta KF Pulogadung, kapasitas 200 orang per hari
  3. Jakarta KF Blok M, kapasitas 100-200 orang per hari
  4. Bandung KF Supratman (Drive Thru), kapasitas 200 orang per hari
  5. Semarang KF Citarum, kapasitas 100 orang per hari
  6. Solo KF Sukoharjo, kapasitas 500 orang per hari
  7. Surabaya KF Sedati, kapasitas 200 orang per hari
  8. Bali KF Batubulan, kapasitas 100 orang per hari
Baca Juga :  Cuma sekali suntik, Vaksin Covid-19 Johnson & Johnson dapat izin di AS

PROSES PENDAFTARAN

Agus Chandra menjelaskan pendaftaran kepesertaan VGR Individu di Kimia Farma dilakukan  melalui 3 (tiga) jalur/cara. Pertama, melalui contact/call centre Kimia Farma di nomor 1-500-255.  Kedua, melalui website www.kimiafarmaapotek.co.id, kemudian akan diarahkan melalui koneksi  nomor Whatsapp. Ketiga, melalui aplikasi Kimia Farma Mobile di ponsel, yang dapat diunduh  melalui Play Store dan App Store. Kimia Farma Mobile baru digunakan mulai Kamis (15/7) karena  masih dalam proses penyempurnaan.

Pendaftaran kepesertaan akan berisi penentuan tanggal, waktu dan lokasi vaksinasi. Dengan  demikian calon peserta dapat menentukan waktu dan tempat yang sesuai dengan kebutuhannya.  Dalam pelaksanaannya nanti, pihak KF akan menjalankan proses vaksinasi sesuai petunjuk  Kementerian Kesehatan dengan disiplin Prokes yang ketat.

Agus Chandra menambahkan “Paling ideal, calon peserta mendaftar melalui KF Mobile untuk  menghindari antrean panjang. Dengan hanya satu jari, beberapa langkah pendaftaran dapat  dilewati.”

Setelah sukses melaksanakan VGR perusahaan bekerjasama dengan Kadin Pusat, KF dan KFD  berkomitmen untuk memberikan pelayanan vaksinasi individu secara nyaman dan professional.  “Kimia Farma sebagai bagian dari Holding BUMN Farmasi siap menyukseskan vaksinasi Covid 19. Semoga herd immunity segera tercipta dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” ujar  Agus Chandra.  (BOB/REL)

Komentar Anda

covid19