Facebook Siapkan Rp 14,5 Triliun untuk Konten Kreator

Facebook Siapkan Rp 14,5 Triliun untuk Konten Kreator

Oxomedia, Jakarta – Facebook menyiapkan uang senilai USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,5 miliar untuk para kreator. Dana tersebut bakal dibagikan hingga akhir tahun 2022. Uang tersebut akan diberikan kepada kreator yang menggunakan aplikasi Facebook dan Instagram. Jadi kreator akan mendapatkan bonus uang tunai jika mereka menjalankan iklan dari video yang dibuat atau sudah mencapai batas tertentu selama live streaming di Facebook.

Lalu di Instagram, kreator akan dibayar jika mengaktifkan iklan di video IGTV. Bonus juga diberikan saat melakukan live streaming dan membuat video populer di Reels.

Namun untuk saat ini bonus tersebut masih terbatas ketersediaannya di mana hanya kreator yang mendapatkan undangan dari Facebook saja yang bisa menerimanya. Namun demikian Facebook memberi indikasi akan memperluas ke lebih banyak kreator pada akhir tahun ini.

Dilansir detiKINET dari The Verge, program bonus Facebook ini akan hadir di Instagram pada musim panas, sekitar bulan Juni-September, tahun ini. Sementara di aplikasi Facebook pada musim gugur, sekitar bulan September-Desember mendatang.

“Inisiatif ini dimaksudkan untuk menjadikan Facebook platform terbaik bagi jutaan pembuat konten untuk mencari nafkah,” ujar Mark Zuckerberg, CEO Facebook.

Kuncuran dana Rp 14,5 triliun dinilai sebagai langkah agresif yang dilakukan Facebook untuk memikat para kreator untuk berkarya di platformnya.

Tapi Facebook bukanlah satu-satunya yang melakukan strategi tersebut. Sebelumnya TikTok dan Snapchat menawarkan bonus kepada kreator untuk menggunakan aplikasi mereka. (rel/detik)

Komentar Anda

Baca Juga :  Wali Kota Medan Launching Pembayaran Uji KIR melalui Non Tunai
Global