Pemko Siap Hidupkan Kembali Olahraga Berkuda di Kota Medan

Pemko Siap Hidupkan Kembali Olahraga Berkuda di Kota Medan

Oxomedia, Medan – Sejak zaman kesultanan Deli masih memerintah di Kota Medan dan sekitarnya, olahraga berkuda sudah menarik minat masyarakat kota Medan yang diakui sebagai sebuah Gementee oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda J.B. van Heutz di Buitenzorg. Adalah lapangan pacuan kuda yang terletak di kawasan Tuntungan menjadi saksi kejayaan olahrga berkuda di Kota Medan. Bahkan pesawat van der Hoop juga pernah mendarat di lapangan pacuan kuda tersebut.

Kota Medan sendiri berdiri sebagai sebuah kota pada tanggal pada 1 April 1909, namun wali kota pertama Gemeeente Medan, Baron Daniel Mackay, baru diangkat pada 1918 dan ia menjabat sampai dengan 1931, atau walikota Medan terlama. Ada dua negara yang dalam waktu singkat membuka kantor konsulatnya di Medan, yaitu: Amerika (1919) dan Kekaisaran Nippon/Jepang (1927).

Kembali ke Lapangan Pacuan Kuda kebanggaan warga Medan pada masa lalu, “Deli Renverceniging” yang berada di kawasan Tuntungan, kini sejarah itu sudah berlalu dan menjadi bunga kenangan para penikmat sejarah berkuda di Kota Medan.

Hal ini belakangan mengundang keprihatinan penggiat olahraga berkuda di Kota Medan dan mendorong mereka untuk menghidupkan kembali olahraga berkuda di Medan. adalah Bang Danil dan istri Elisa yang mulai kembali membangun kenangan lama olahraga berkuda dengan membuat komunitas berkuda bernama “Cadika Stable” komunitas ini berada di taman cadika Medan.

Saat ini animo masyarakat dalam mengenal olahraga berkuda sudah sangat tinggi dan mendapat fasilitas sarana dan prasarananya di lapangan Cadika, Medan. Kedepan kita harapakan klub olahraga berkuda ini dapat melahirkan atlit atlit berprestasi di kota medan, ucap Kiky Zulfikar. S.Sos.Msi. yang didampingi Kasi Sarana olahraga OK Zulfan dan Kasi sarana kepemudaan Yovi Desky, serta Ismail.SPd.MAP. yang merupakan Kasi sarana kemitraan Dinas Pemuda dan Olahraga Pemko Medan.

Baca Juga :  Sidak Ke Dinas PU, Wali Kota Medan Minta Maksimalkan Penggunaan Alat Berat Untuk Infrastruktur

Dengan moto “Medan Kota Atlit” Kolaborasi Medan Berkah dengan sinergitas para pengcab atlet dan dispora diharapkan akan semakin menarik minat masyarakat dalam berolahraga ungkap Plt Kadispora Medan Pulungan Harahap.

Saat ini sudah ada 13 ekor kuda yang berada dilapangan cadika dengan intensitas latihan panahan berkuda dan equestrian. Selain menjadi tempat latihan para bibit atlit tempat ini juga terbuka bagi para pecinta olahraga berkuda yang ingin belajar dan mengenal jauh tentang olahraga dan rekreasi. (oxo)

 

Komentar Anda

Olahraga