Ratusan Titik Panas Bermunculan, Karhutla Mengancam Riau

Ratusan Titik Panas Bermunculan, Karhutla Mengancam Riau

Oxomedia, Pekanbaru –   Provinsi Riau dikepung titik panas atau hotspot, Kamis (29/7/2021). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya ratusan hotspot yang tersebar di berbagai wilayah di Bumi Lancang Kuning.

“Terjadi kenaikan titik panas di Riau. Hari ini jumlahnya melonjak drastis, total ada 148 titik panas terpantau,” ujar Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Ramlan.

Ia mengatakan, 148 titik panas ini tersebar di 11 kabupaten/kota di Riau dengan sebaran terbanyak itu berada di kabupaten Pelalawan yakni 37 titik.

“Selanjutnya di kota Dumai sebanyak 35 titik, kabupaten Indragiri Hilir 16 titik, Indragiri Hulu 15 titik. Kemudian Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Rokan Hilir masing-masing 11 titik. Selanjutnya di kabupaten Rokan Hulu terdeteksi 7 titik, Siak 3 titik dan kabupaten Kampar serta Kuantan Singingi masing-masing satu titik,” sebutnya.

Dia menjelaskan, dari jumlah tersebut, 7 titik diantaranya adalah titik api. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

“Titik api tersebut berada di 2 wilayah yakni 6 titik di Kota Dumai tepatnya di Kecamatan Sungai Sembilang dan satu titik lagi di kabupaten Rokan Hilir, tepatnya di Kecamatan Pujud,” ucapnya.

Sementara dari 141 titik lainnya, 3 titik di level rendah dan sisanya berada di level sedang.

“BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” sebutnya.

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 97 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 36 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter seperti yang dikutip oleh Redaksi Oxomedia dari situs RRI KBRN. (BOB/ KBRN)

Baca Juga :  Helikopter Dikerahkan Padamkan Karhutla di Siak

Komentar Anda

Lingkungan