PM Malaysia Muhyiddin Yassin Siap Mundur

PM Malaysia Muhyiddin Yassin Siap Mundur

Oxomedia,  Jakarta – Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin bakal mengundurkan diri, Senin (16/8/2021) besok.

“Besok akan ada rapat kabinet khusus. Setelah itu, dia akan menuju (istana) untuk mengajukan pengunduran diri,” kata menteri di Departemen Perdana Menteri Malaysia Mohamad Redzuan Mohamad Yusof kepada Malaysiakini dilansir dari laman Reuters, Minggu (15/8/2021).

Menurut Redzuan, Muhyiddin yang juga Presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) akan mengajukan pengunduran diri secara langsung kepada Raja Malaysia Sultan Abdullah.

Muhyiddin telah memberi tahu mengenai keputusannya itu kepada anggota Bersatu karena telah kehabisan semua pilihan untuk mempertahankan pemerintahannya.

Pemerintahan Muhyiddin diwarnai beberapa kali gejolak sejak menjabat para Maret 2020, namun konflik yang muncul beberapa bulan terakhir merupakan terpanas.

Puncaknya, pada bulan lalu Muhyiddin mengeluarkan kebijakan yang dianggap tidak menghormati Raja.

Saat itu, Muhyiddin mencabut peraturan terkait pemberlakuan keadaan darurat nasional menyangkut pandemi Covid-19.

Keputusan itu diambil tanpa melalui konsultasi dengan Sultan Abdullah, padahal Raja yang merestui pemberlakuannya sejak awal 2021.

Sejak itu, desakan Muhyiddin supaya mundur mengalir deras, dan bukan hanya dari oposisi.

Namun, desakan itu juga datang dari internal pemerintahan dan partai pendukung Muhyiddin.

Partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UIMNO) selaku pendukung terbesar Muhyiddin di pemerintahan juga menarik dukungan dan keluar dari koalisi Perikatan Nasional.

Sebanyak 11 anggota parlemen UMNO telah mencabut dukungannya bagi Muhyiddin yang membuat ia tidak lagi mengantongi mayoritas dukungan di legislatif. (BOB/KBRN)

Komentar Anda

Baca Juga :  Hunian Pasien Rumah Sakit di Atas Nasional
Polhukam