Dari Pandemi ke Endemi, Siapkah Indonesia Mengantisipasinya?

Dari Pandemi ke Endemi, Siapkah Indonesia Mengantisipasinya?

Oxomedia, Jakarta –   Virus Covid 19 diperkirakan tidak akan hilang dari muka bumi, dan masyarakat harus siap hidup berdampingan dengan virus tersebut dengan menerapkan tatanan kehidupan baru.

“Perkiraan itu mengacu pada hasil survei terhadap 100 ilmuwan dan pakar virus dari 23 negara, yang hasilnya 89 persen meyakini pandemi virus Covid 19 ini akan menjadi endemic. Itu artinya kita harus siap hidup berdampingan dengan virus Covid 19,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu dalam Taklimat Media, Rabu (18/8/2021).

Hal tersebut, tambah Febrio , diperkuat dengan pernyataan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan  meski dunia sudah melakukan upaya luar biasa dalam menangani pandemi Covid 19,  tapi belum ada tanda-tanda pandemi akan berakhir  dalam waktu dekat ini.

“ Indonesia harus mempertimbangkan kemungkinan pandemi menjadi endemi dengan melakukan langkah antisipasi dari sekarang. Karena kondisi kesehatan nantinya akan sangat berpengaruh pada perekonomian dan APBN kita,” tukas Febrio.

Karenanya, masyarakat harus disiapkan untuk terus menerapkan protokol kesehatan 5 M, dan pemerintah tetap melakukan program 3 T, memperbaiki layanan kesehatan agar makin handal dan siaga, serta mempercepat program vaksinasi.

Terkait vaksinasi, menurut Febrio sudah terjadi kemajuan yang signifikan dalam sebulan terakhir. Vaksinasi yang dilakukan rata-rata sudah di atas satu juta suntikan per hari  dalam sepekan terakhir.

“Tapi kita ingin cepat puas, dan akan terus meningkatkan jumlah vaksinasi. Targetnya, 70 persen populasi sudah divaksinasi sampai akhir tahun ini. Target usia juga diperluas, umur 12 tahun bisa mendapatkan vaksinasi,” tukas Febrio.

Selain itu juga, tambah Febrio, evaluasi efektivitas vaksin dalam menahan virus Covid 19 juga dilakukan agar herd immunity terjaga. “Sehingga masyarakat lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas sehari-hari, dan perekonomian bisa kembali bergerak secara gradual,” pungkas Febrio. (BOB/KBRN)

Baca Juga :  Musa Rajekshah: Layani Masyarakat Dengan Sepenuh Hati

Komentar Anda

covid19