Pembaharuan Data Covid-19, Luhut : Jumlah Positif akan Melesat

Pembaharuan Data Covid-19, Luhut : Jumlah Positif akan Melesat

Oxomedia, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memperingatkan akan ada peningkatan kasus konfirmasi positif Covid-19. Hal tersebut menyusul perbaikan data yang dilakukan sejumlah daerah terkait pasien Covid-19.

“Saya ingatkan dalam beberapa hari kedepan akan ada peningkatan kasus konfirmasi dan juga kasus kematian yang dikeluarkan kabupaten kota,” kata Luhut dalam konferensi video, Senin (23/8) malam.

Dia mengatakan akan ada penambahan sekitar ratusan atau ribuan data yang secara bertahap dikeluarkan dalam 10 hari ke depan. Luhut mengakui proses pendataan tersebut cukup sulit.

Luhut menambahkan, terkait angka kematian yang tinggi di beberapa wilayah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta secara khusus dilakukan pengecekan. Begitu juga dengan intervensi yang dilakukan langsung di lapangan.

Dia menyebutkan, salah satu penyebab masih tingginya kematian pasien Covid-19 karena masyarakat enggan melakukan isolasi terpusat. “Sehingga terjadi pemburukan saat isoman karena telat ke fasilitas kesehatan,” ujar Luhut.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat yang terkonfirmasi positif Covi-19 dapat masuk ke isolasi terpusat yang disediakan pemerintah. Dia memastikan, jika berada di fasilitas isolasi terpusat maka akan terjamin obat, makanan, dan perawatan dari tenaga kesehatan. (rel/rpblk)

 

Komentar Anda

Baca Juga :  PSBB Jawa-Bali Bakal Diberlakukan, Ini 10 Hal yang Wajib Diperhatikan
covid19