Selama Pandemi, Pemerintah Kewalahan Beri Ruang Pada Pekerja Seni

Selama Pandemi, Pemerintah Kewalahan Beri Ruang Pada Pekerja Seni

Oxomedia, Medan – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti mengatakan, dampak pandemi Covid-19 sangat berpengaruh di segala bidang. Salah satunya adalah pekerja seni, dimana pemerintah juga kewalahan dalam memfasilitasi ruang bagi para pekerja seni.

“Pekerja seni kalau dikasih bantuan berupa uang tidak akan ada yang mau menerima. Mereka biasanya menginginkan bantuan berupa ruang, opportunity (wadah), pameran, lalu lomba,” terang Agustina di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (24/9/2021).

Dengan adanya ruang bagi para pekerja seni, sambung Agustina, dengan sendirinya anak-anak muda akan datang menerima pengajaran atau sharing pengalaman. “Bantuan seperti itu yang mereka inginkan. Masalahnya saat ini kita sedang mengalami pandemi yang menjadi keterbatasan kita memfasilitasinya,” tuturnya.

Di sisi lain, legislator dapil Jawa Tengah IV ini turut menyayangkan rendahnya minat baca di Indonesia. Padahal Indonesia butuh inovasi dalam menerapkan konsep literasi terutama bagi anak-anak mudanya sebagai penerus bangsa.

“Minat baca (Indonesia) masih rendah, itu yang harus ditingkatkan. Sedari kecil kita mencontohkan terlebih dahulu hingga membiasakan diri, guna menstimulus rasa keingintahuan anak terhadap literatur kita,” pungkasnya. (rel/mri/es)

Komentar Anda

covid19 Nasional