Kader Karang Taruna Sumut Agunarta Syarifuddin Manik, Sabet Pemuda Pelopor Nasional 2021

Kader Karang Taruna Sumut Agunarta Syarifuddin Manik, Sabet Pemuda Pelopor Nasional 2021

Oxomedia, MEDAN – Pemuda asal Provinsi Sumater a Utara kembali meraih prestasi nasional di tahun 2021. Kali ini prestasi diraih Agunarta Syarifuddin Manik, anak muda asal Simalungun, sebagai Pemuda Pelopor Nasional 2021.

“Alhamdulillah, Puji Syukur Kepada Allah SWT. Kemarin setelah di Paskibraka Nasional anak muda Sumut sudah membanggakan, hari ini anak muda Sumut lainnya, kembali mengharumkan nama Sumut sebagai pemenang pertama Pemuda Pelopor Nasional 2021,” kata Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, Budi Syahputra, S.Pd, M.Si, Kamis (27/10/2021).

Sosok anak muda itu adalah Agunarta Syarifuddin Manik. Dia berhasil menjadi Pemenang Pertama Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Peloporan Sumber Daya Alam, Lingkungan Pariwisata Asal Kab. Simalungun. Agunarta merupakan entrepreneur sosial, yang ikut mengembangkan lingkungannya dengan lewat pemanfaatan perkebunan kopi.

“Agunarta akan diberikan piagam penghargaan oleh Bapak Presiden RI/Menteri Pemuda dan Olahraga RI pada Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 93 Tingkat Nasional di Jakarta 28 Oktober 2021 atau besok,” katanya.

Budi menambahkan, pihaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk Keluarga Besar Disporasu, terkhusus Kadispora Sumut Ir Ardan Noor, MM, Kadis/Kabid Pemuda Dispora Kabupaten Simalungun dan Tim Fact Finding Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Utara.

“Sinergi ini telah berhasil menemukan pemuda terbaik untuk berprestasi di tingkat nasional. Ini merupakan kebanggaan bersama,” bebernya.

Pemuda Pelopor Tingkat Sumut

Kepala Seksi Penyadaran Pemuda Bidang Layanan Kepemudaan Raikhana Syahbi, SE, mengatakan, Dispora Sumut juga akan memberikan piagam penghargaan pada delapan anak muda Sumut yang sudah diseleksi oleh Tim Fact Finding.

Selain Jelita dan Agunarta, ada Siti Aisyah Siregar (Medan), Amanda Syapani (Asahan), Gayus Moses Purba (Tapanuli Utara), Maya Siti Sakdiah (Simalungun), Ade Prima Putri (Medan) dan Raudah (Langkat), yang menjadi Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumut 2021.

Baca Juga :  Gubernur Edy Rahmayadi Terima Kunjungan USAID

“Penghargaan akan diserahkan langsung oleh Bapak Gubsu dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 93 pada 28 Oktober 2021 di Gubernuran,” kata Raikhana.

Sinergi untuk Pemuda

Terpisah, Anggota Tim Fact Finding Pemuda Pelopor Provinsi Sumut 2021, Dr Fakhrur Rozi, M.I.Kom, menambahkan hal senada. Selain Agunarta sebenarnya, ada Jelita Tambunan (asal Samosir) yang juga ikut seleksi nasional Pemuda Pelopor 2021.

“Tahun ini Agunarta yang berhasil mencuri perhatian juri Kemenpora di Bidang Kepeloporan SDA, Lingkungan dan Pariwisata dan meraih nilai terbaik. Tapi bagi Tim Fact Finding Pemuda Pelopor, Jelita dan Agunarta sudah menjadi inspirasi bagi anak muda Sumut lainnya untuk berbuat yang terbaik di masyarakat,” bebernya.

Kata dia, momentum ini harus juga menjadi perhatian bagi pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya untuk terus mendukung anak muda secara lebih luas lagi. Sebab, sinergi maksimal akan menghasilkan yang terbaik.

“Dalam konteks Agunarta misalnya, saya mengapresiasi Karang Taruna Sumut, yang memberikan dukungan. Saat seleksi di tingkat daerah, Agunarta mengaku bahwa dia kader Karang Taruna dan juga mendapat dukungan dari Dispora Simalungun,” pungkasnya.(*)

Komentar Anda

Sumut