Si Anak Dara Sumut, Juara Lomba Inovasi Perangkat Daerah Provsu

Si Anak Dara Sumut, Juara Lomba Inovasi Perangkat Daerah Provsu

Medan, Oxomedia– Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyerahkan secara simbolis hadiah pada para pemenang Lomba Inovasi Perangkat Daerah Provsu di Aula T. Rizal Nurdin, Rumah Jabatan Gubernur Sumatera Utara. Rabu (27/9).

Dewan Juri Lomba Inovasi Perangkat Daerah Provsu yang diketuai mantan Sekdaprovsu Raja Sabrina memutuskan Si Anak Dara Sumut (Sistem Informasi Penatausahaan, Keamanan dan Pemeliharaan Aset Sumatera Utara) milik Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sebagai juara pertama Lomba Inovasi Perangkat Daerah Provsu.

Kepala BPKAD Provsu Dr. Ismael P Sinaga mengatakan Si Anak Dara Sumut bertujuan memperbaiki dan mengoptimalkan penatausahaan barang milik daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara antara lain : mempermudah proses penatausahaan Barang Milik Daerah, meningkatkan sistem pengawasan internal (SPI) kinerja pengelolaan Barang Milik Daerah, meningkatkan manajemen pengamanan Barang Milik Daerah secara fisik, administrasi dan hukum, mencegah kepemilikan Barang Milik Daerah yang tidak sesuai dengan peruntukannya, lebih tertibnya penggunaan aset terhadap ASN yang mutasi atau purna tugas/pensiun, adanya notifikasi pengingat terhadap pemeliharaan aset, serta peningkatan manajemen pelayanan publik terutama kinerja pengelolaan Barang Milik Daerah yang berujung kepada peningkatan akuntabilitas pelaporan neraca aset yang tersaji secara wajar.

Gagasan aplikasi berbasis web dan android Si Anak Dara Sumut ini dimotori oleh Kepala BPKAD Provsu dan di bantu oleh Kabid Aset Ratna Sari Pinem, Kasubbid Pengelolaan Aset Taufik Azhar serta Programer, ASN dan Tenaga Admin Aset pada BPKAD Provsu.

Dalam kesempatan tersebut, Gubsu juga melaunching aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat yang keluar sebagai juara ketiga Lomba Inovasi Perangkat Daerah Provsu. Inovasi milik Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Provsu itu diharapkan mempermudah wajib pajak dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Dengan aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat, wajib pajak dapat membayar pajak kendaraan bermotor melalui toko retail selain melalui ATM Bank Sumut.

Gubsu menyampaikan bahwa Lomba Inovasi ini dilaksanakan demi memudahkan masyarakat dan mendorong percepatan pembangunan Sumatera Utara.

“Inovasi jangan hanya diatas kertas atau teori saja tapi teraplikasi. Inovasi yang bagus yang bermanfaat bagi masyarakat,. Saya mau kita bersatu membangun Sumut ini,” tukas Gubsu.

Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati Karo Cory Sebayang, Kepala Litbang Kementerian Dalam Negeri Dr Agus Fatoni, Msi, Dirlantas Polda Sumut Valentino Taterada, Dirut PT Bank Sumut Rahmat Fadhillah, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumut John Veredy Panjaitan, dan Bupati Batubara Zahir.

 

(TIM)

 

Komentar Anda

Peristiwa Sumut