Pengurus PWI Sumut Periode 2021-2026 Dilantik

Pengurus PWI Sumut Periode 2021-2026 Dilantik

Gubernur Edy Rahmayadi Ajak Kerja Sama Membangun Sumut

Oxomedia, Medan  – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menghadiri Pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Provinsi Sumut Periode 2021-2026 di Hotel Garuda Plaza, Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu  (18/12) malam.

Hadir di antaranya Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Ketua DPRD Sumut Baskmin Ginting,  Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, tokoh masyarakat antara lain Gubernur Sumut ke-17 Tengku Erry Nuradi dan RE Nainggolan, serta tokoh agama Ustaz KH Zulfikar Hajar.

Gubernur Edy Rahmayadi menyampaikan ucapan selamat, sekaligus mengajak seluruh pengurus yang baru dilantik, untuk bekerja sama membangun Provinsi Sumut. “Kepada seluruh pengurus yang baru dilantik saya ucapkan selamat. Mari bersama-sama membangun Sumatera Utara,” ujarnya.

Edy Rahmayadi berharap para pengurus dapat mengemban amanah dengan penuh tanggung jawab dan niat baik. Agar visi dan misi yang diusung dapat segera terwujud. “Besar sekali organisasi ini, akan tidak mudah memimpinnya. Seluruh pengurus harus dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Saya percaya dengan niat baik, maka akan berbuah yang baik pula,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Edy juga meminta para wartawan untuk tidak kendur mengampanyekan disiplin protokol kesehatan (Prokes) kepada masyarakat, mengingat telah ditemukannya kasus inveksi varian baru Covid-19 (Omicron) di Indonesia. “Saya perhatikan masyarakat kita sudah mulai tidak disiplin protokol kesehatan, untuk itu saya meminta kepada para wartawan untuk kampanye. Biar masyarakat kembali taat Prokes, terutama memakai masker,” ucap Edy.

Sebelumnya, melalui Surat Keputusan Nomor 292-PGS/PP-PWI/2021, Ketua Umum PWI Pusat Atal S  Depari resmi melantik Pengurus PWI Provinsi Sumut periode 2021-2026, antara lain Ketua Farianda Putra Sinik, Sekretaris Sahat Rahmad Hamonangan Panggabean, Bendahara Hartati Rangkuti dan jajaran pengurus lainnya.

Baca Juga :  Jurnalis Perempuan Berbagi Pengalaman Meliput Kekerasan Seksual

Mewakili seluruh pengurus yang dilantik, Farianda menyampaikan bahwa PWI Provinsi Sumut periode ini akan fokus pada upaya peningkatkan Sumber daya wartawan yang profesional dan beretika guna mewujudkan PWI Sumut yang bermartabat. Menurutnya, hal tersebut dapat tercapai salah satunya melalui peningkatan kompetensi pendidikan para wartawan.

“Saya ingin wartawan PWI di Sumatera Utara ini, selain pintar, cerdas juga beretika dan bermartabat. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan pendidikan. Untuk itu kami akan mendorong dan membantu para wartawan agar dapat menyelesaikan pendidikan tinggi,” ucap Farianda.

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dalam sambutannya mengingatkan para wartawan PWI Sumut agar taat kode etik. Menurutnya, jika para wartawan patuh pada kode etik, maka kemartabatan akan muncul dengan sendirinya.

“Yang sering menjadi masalah masih banyak wartawan yang belum patuh pada kode etik. Oleh karena itu sekarang, ketika mereka berprinsip untuk taat kode etik, martabatnya pasti akan muncul. Maka pers Sumut akan dapat diandalkan untuk ikut membangun Sumatera Utara,” ujarnya.

Selain itu, Atal  juga mengajak para wartawan, terutama para pengurus PWI Provinsi Sumut agar dapat membangun sinergi yang kuat, mampu menegakkan fungsi kontrol sosial, serta mengedepankan kepentingan masyarakat luas. “Wartawan harus membangun sinergi yang kuat dengan tetap menggunakan pena social control. Karena dengan social control, wartawan juga ikut melakukan pembangunan,” tambahnya dalam siaran pers yang diterima oleh Redaksi Oxomedia.

Dalam rangkaian kegiatan pelantikan tersebut, juga dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.  Antara PWI Sumut dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Sumut. (BOB/REL)

Komentar Anda

Peristiwa