Peringatan 103 Tahun Jenderal A.H Nasution, Cucu Pak Nas : Terima Kasih Pak Gubernur

Peringatan 103 Tahun Jenderal A.H Nasution, Cucu Pak Nas : Terima Kasih Pak Gubernur

Medan, Oxomedia – Memperingati 103 tahun kelahiran Jenderal Besar A.H Nasution, Ikatan Keluarga Nasution menggelar acara di Aula Tengku Rizal Nurdin, di Rumah Jabatan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Dalam kesempatan itu hadir tokoh-tokoh Ikatan Keluarga Nasution seperti Asren Nasution, Amrullah Nasution serta tokoh muda seperti Lokot Nasution dan Syahrial Nasution. Selain para tokoh tersebut, hadir juga cucu Jenderal Besar A.H Nasution Edyanti Nurdin beserta anggota keluarga lainnya yang merupakan cucu dan cicit dari Jenderal A.H Nasution.

Dalam sambutannya, Dr. Amrullah Nasution mengatakan bahwa sejarah telah membuktikan perjuangan dan pengabdian luar biasa dari A.H Nasution. Saat beliau berumur 30 tahun,Abdul Haris Nasution juga sdh menjadi wakil panglima angkatan darat. Semasa hidupnya, Jenderal yang akrab dipanggil Pak Nas itu juga menerima gelar doktor honoris causa di berbagai bidang terutama bidang politik dan hukum, dari berbagai universitas di Indonesia dan Manca Negara. Sosok luar biasa yang lahir di Hutapungkut, Kota Nopan, Mandailing Natal ini sangat menyukai pada kisah perjuangan Rasulullah yang kerap ia dengar setiap perayaan Maulid di kampungnya semasa beliau kecil. Kisah-kisah inilah yang memotivasinya untuk menjadi seorang tentara.
Saat ini Ikanas sudah mempersiapkan pembuatan tugu Abdul Haris Nasution dan Mandailing Center seluas 5000 meter.

Cucu Jenderal Besar Haji Abdul Haris Nasution Edyanti Nurdin yang didaulat untuk menyampaikan sambutan mengungkapkan rasa harunya pada kegiatan yang dilaksanakan oleh DPD Ikanas Sumut itu. Edyanti juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia dan terkhusus kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang memfasilitasi kegiatan tersebut.

Sebagai warga sumatera utara, kita harus bangga memiliki Jenderal Abdul Haris Nasution, kata Plt. Sekda Afifi Lubis. Beliau adalah sosok yg jujur dan sederhana. Satu hal lagi yang sangat membanggakan adalah bawah buku pokok-pokok gerilya yang ditulis oleh Jenderal A.H Nasution adalah buku yang wajib dipelajari di pusat pendidikan militer Amerika di West Point. Ungkap Afifi.

Afifi juga menyampaikan salam dari Gubsu Edy Rahmayadi yang tidak dapat menghadiri acara tersebut dikarenakan sedang memantau bencana banjir yang melanda kawasan Mandailing Natal. Beliau ( Pak Edy Rahmayadi ) juga Nasution, beliau telah ditabalkan marga nasution, tandas Afifi Lubis.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerah bantuan kepada 103 anak yatim dan piatu yang diserahkan secara simbolis oleh para tokoh yang berhadir dan cindera mata dari Pemprovsu kepada Ketua DPD Ikanas dan Cucu Jenderal Besar Abdul Haris Nasution. ( oxo ).

Komentar Anda

Sumut