Kembali Berakhir Pekan dengan Anak-Anak Marjinal, Edy Rahmayadi: Rumah Dinas Ini Milik Masyarakat Sumatera Utara

Kembali Berakhir Pekan dengan Anak-Anak Marjinal, Edy Rahmayadi: Rumah Dinas Ini Milik Masyarakat Sumatera Utara

Oxomedia, Medan– Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kembali membuka wadah bermain bagi anak-anak khususnya anak-anak dari komunitas marjinal di kediamannya, Rumah Jabatan Gubernur Sumut, Minggu (6/2).

Kegiatan bermain dan bernyanyi bersama anak-anak dari komunitas marjinal dengan memfasilitasi ruang silaturahim di kediamannya di Jalan Jenderal Sudirman No. 41 telah rutin dilaksanakan Gubsu Edy setiap bulan sejak tiga tahun terakhir, namun sejak pandemi covid-19 kegiatan tersebut sempat terhenti.

“Kegiatan ini sebenarnya dari Pukul 07.00 WIB sudah kita mulai. Kami bermain bersama Pak Gubernur, berolahraga bersama, bersepada dan mengenal bagaimana permainan-permainan anak zaman dulu yang anak-anak srkarang banyak yang tidak paham. Bagaimana anak-anak bermain tali, karet, main congkak, mendengar dongeng dan membaca buku perpustakaan,. Dari pagi sampai siang nanti makan bersama . Yang muslim nanti melaksanakan salat zuhur berjamaah dan baru mereka kembali ke tempat mereka masing-masing dengan keadaan sehat walafiat,” ungkap Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumut Hj. Nurlela.

Tidak hanya memfasilitasi ruang bermain bagi anak-anak, di rumah dinas Gubsu itu anak-anak juga mendapat pemeriksaan kesehatan gratis seperti pemeriksaan gigi dan mulut oleh tim dari Dinas Kesehatan Sumut. Ikut pula bersinerji dalam kegiatan ini Dinas Perpusatakaan dan Arsip Daerah Sumut yang menyediakan perpustakaan keliling bagi anak-anak yang hobi membaca.

Kadis PPPA Sumut Nurlela menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Gubernur Edy yang mengharapkan agar kawasan Rumah Dinas Gubernur menjadi kawasan yang terbuka untuk rakyat Sumut. “Gubernur Edy juga meminta agar disediakan waktu khusus untuknya agar bisa lebih dekat bersama rakyat Sumut, termasuk para anak-anak berkebutuhan khsuus dan marjinal yang selama ingin kurang mendapat kesempatan untuk bisa berjumpa dan bersilaturahmi dengannya,” ucapnya.

Baca Juga :  Penuhi Janji, 1 April Edy Rahmayadi Mulai Pembangunan Infrastruktur di Nias Barat

Sementara Kadis Kesehatan Sumut Drg. Ismail Lubis mengatakan pemerikasaan kesehatan sejak dini merupakan upaya untuk menciptakan generasi selanjutnya yang lebih sehat.

“Kita Dinas Kesehatan terus berupaya memberikan edukasi dan motivasi kepada ibu hamil, kepada ibu yang memberikan ASI, disamping itu kita juga bersama Dinas PPPA berkolaborasi dalam rangka mewujudkan visi dan misi bapak Gubernur dalam rangka memenuhi hak-hak anak,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Gubernur Edy Rahmayadi kembali menegaskan bahwa Rumah Dinas Gubernur Sumtera Utara adalah milik rakyat Sumut. “Gubernur tidak selalu Edy Rahmayadi, Gubernur bisa berganti, tapi rumah dinas ini milik rakyat Sumatera Utara, tanpa terkecuali kalian anak-anakku,” ucap Gubsu.

Gubsu Edy juga menyatakan kegiatan seperti ini nantinya tidak hanya dilakukan di Rumah Dinas Gubernur Sumut, tapi dapat pula berpindah ke Taman Edukasi Deli Tua.

“Tapi jangan terlalu ramai karena kita sedang ada wabah, kasihan anak-anak kita,” tukasnya.

 

(TIM)

Komentar Anda

Humaniora Sumut