Pengabdian Masyarakat, Upaya PERSAKMI Sumut dalam mewujudkan Indonesia Sehat

Pengabdian Masyarakat, Upaya PERSAKMI Sumut dalam mewujudkan Indonesia Sehat

Medan, Oxomedia. – Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah kegiatan setiap individu dengan kesadarannya sendiri melakukan kebiasaan yang sehat, untuk menjaga kesehatan diri sendiri, untuk kemudian dapat pula memberi contoh kepada teman, keluarga serta lingkungan sekitar, agar dapat meningkatkan kualitas kesehatan diri sendiri dan masing-masing lingkungan.

Pandemi Covid-19 yang juga mengajarkan kita bahwa PHBS adalah salah satu tameng untuk mencegah penyebaran virus yang mungkin saja bias kita dapatkan dimana saja.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat penyebab utama kematian pada balita (usia 12-59 bulan) di Indonesia adalah diare. Tercatat terdapat 314 kematian akibat diare pada balita Indonesia pada 2019. Rata-rata penduduk Indonesia memiliki 4-5 gigi yang bermasalah, dari hasil riset kesehatan dasar pada prevalensi karies gigi menurut standar WHO pada tahun 2018 rerata usia5-6, 8,43% dan 67,3% anak usia 5 tahun memiliki angka pengalaman karies gigi (dmft) ≥ 6, termasuk dalam kategori karies anak usia dini yang parah (Riskesdas 2018).

Sekolah Dasar merupakan tempat yang tepat untuk menanamkan sejak dini PHBS, dimana hal ini juga termasuk dalam pelajaran pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan di bawah payung UKS (Usaha Kesehatan Sekolah). Dengan menanamkan PHBS kepada siswa di sekolah dan guru di sekolah diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran sekaligus kualitas kesehatan di lingkungan sekolah dan pesantren. Sehingga bisa mewujudkan sekolah sehat. Lingkungan yang bersih menjadi salah satu dasar utama dari kegiatan PREVENTIF dalam kesehatan.

Dalam kegiatan rutin yang dilakukan oleh PERSAKMI Sumatera Utara dengan Ketua Panitia Dede Hariani MS dan didampingin langsung oleh Ketua Umum PERSAKMI Sumatera Utara Dr. Isyatun Mardhiyah syahri, SKM, M.Kes melaksanakan sosialisasi Gerakan Perilaku Hidup Bersih Sehat dan Protokol Kesehatan Covid 19 di SD Negeri 064992 Jl. Bajak I, Kompleks Asrama Widuri, Kecamatan Medan Amplas. (BOB/REL)

Baca Juga :  Gubernur Edy Rahmayadi Luncurkan Tiga Mobil Operasi Lapangan

Komentar Anda

Gaya Hidup