Fakta Myanmar: Negara Miskin dan Penghasil Heroin Terbesar

Fakta Myanmar: Negara Miskin dan Penghasil Heroin Terbesar

Oxomedia-  Dunia dikejutkan dengan peristiwa kudeta yang terjadi di Myanmar. Kelompok junta mliter Myanmar pimpinan Jenderal Senior Min Aung Hlaing menahan sejumlah politisi penting negara itu, diantaranya Kanselir Aung San Suu Kyi, Presiden Win Myint dan dan beberapa tokoh senior Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD). Pemimpin tertinggi militer Myanmar itu menuduh Aung San Suu Kyi dan kelompoknya melakukan kecurangan atas kemenangan besar di pemilihan umum, November lalu.

Kali ini, Oxomedia coba merangkum beberapa fakta Negara yang dulunya bernama Burma itu, berikut fakta Myanmar:

1. Negeri Seribu Pagoda

Myanmar dikenal sebagai “Negeri Emas” atau “Negeri Pagoda Emas”, di Myanmar terdapat sekitar 2500 pagoda.

2. Ragam Bahasa

Bahasa Burma merupakan bahasa resmi mayoritas penduduk di Myanmar, namun terdapat sekitar 100 bahasa di Myanmar termasuk bahasa Shan, Karen dan Mon.

3. Perempuan Berleher Panjang

Perempuan dari Ras Paduang di Myanmar memiliki leher panjang. Hal itu disebabkan, perempuan Ras Paduang sejak berusia 5 tahun memasang lingkaran logam di lehernya dan terus ditambahkan sepanjang hidupnya. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, apabila lingkaran logam dilepaskan maka akan menyebabkan kematian.

4. Hutan yang Asri

Sekitar 48,3% atau 317.730 hektar luas Myanmar ditutupi oleh hutan. Yang 10% dikategorikan sebagai hutan utama, yang kaya akan biodiversity.

5. Kartu Kredit Tidak Diterima

Kartu Kredit tidak selalu diterima di Myanmar. Sangat jarang ditemui mesin ATM di Myanmar. Mata uang yang digunakan di Myanmar adalah Kyat.

6. Ramainya Kematian Anak dan Anak Putus Sekolah

Banyak anak di bawah 5 tahun meninggal di Myanmar karena Peunomania, Malaria dan Diare. Selain itu, lebih dari separuh anak-anak di Myanmar tidak menyelesaikan wajib belajar lima tahun karena mahalnya biaya sekolah.

Baca Juga :  HUT APEKSI, Bobby Nasution & Wali Kota se-Indonesia Ikuti Sepeda Santai

7. Negara Termiskin di Asia Tenggara

Karena penderitaan stagnasi, salah kelola dan isolasi serta kurangnya tenaga kerja berpendidikan menambah persoalan dalam bidang ekonomi di Myanmar.

8. Diskriminasi Etnis Rohingya

Etnis Rohingya bukan orang Burma dan tidak dimasukkan dalam sensus Negara Myanmar. Orang Rohingnya merupakan keturunan etnis Bengali, berbahasa Bengali, berpakaian dan memakan makanan Bengali. Terkait etnis Rohingya, Myanmar menjadi sorotan dunia internasional karena dituduh melakukan pembersihan etnis (genosida), banyak foto dan video kekerasan terhadap etnis Rohingnya yang tersebar di media massa.

9. Orang Kerdil

Di Myanmar Utara, di kaki gunung Himalaya hidup sekelompok etnis Taron yang sering disebut orang kerdil Asia, rata-rata tinggi orang dewasa suku Taron adalah 130 Cm.

10. Penghasil Heroin Terbesar di Dunia

Penduduk Myanmar kebanyakan petani poppies yang merupakan bahan baku pembuatan heroin. Pemerintah Myanmar telah membuat program pemberantasan Narkoba. Namun pihak militer memaksa petani untuk menanam poppies untuk keuntungan pribadi mereka. Myanmar menyumbang sekitar 60% dari peredaran heroin dunia.

Terkait perubahan nama Burma menjadi Myanmar secara resmi dilakukan oleh pemerintahan Junta Militer pada tanggal 18 Juni1989. Perubahan itu dilakukan dengan maksud agar etnis Non- Burma menjadi bagian dari Negara Myanmar.

(TIM/DBS)

 

Komentar Anda

Humaniora