Bayi Gajah Baru Lahir di Tangkahan, Menteri KLHK: Diberi Nama Siapa?

Bayi Gajah Baru Lahir di Tangkahan, Menteri KLHK: Diberi Nama Siapa?

Oxomedia, Jakarta – Kabar baik datang dari Tangkahan, Sumatera Utara. Seekor bayi gajah Sumatera berhasil lahir dengan sehat di masa pandemi COVID-19.

Berita baik itu dibagikan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya melalui akun Facebooknya. Dalam postingan itu, ia mengunggah video yang memperlihatkan seekor bayi gajah tengah menyusu pada induknya.

Bayi gajah ini dilaporkan lahir pada 1 Februari 2021 pukul 04.00 WIB di Pusat Pelatihan Satwa Khusus Resor Tangkahan, Taman Nasional Gunung Leuseur, Sumatera Utara.

Melalui caption di postingan itu, Siti mengungkap bahwa bayi gajah ini berjenis kelamin betina. Saat lahir, bobot bayi gajah telah mencapai 60 kilogram.

Bayi tersebut lahir dari induk gajah bernama Sari yang berusia 42 tahun. Kehamilan Sari ini pertama kali diketahui pada September 2020 ketika ia mendapatkan pemeriksaan USG secara rutin.

Karena gajah termasuk satwa yang dilindungi di Indonesia, momen kehamilan ini begitu berharga. Para petugas pun melakukan upaya maksimal untuk menjaga agar kehamilan Sari dalam kondisi baik.

“Selama kehamilannya, petugas yang dipandu dokter hewan melakukan perawatan dan pengawasan secara lebih intensif, seperti memberi vitamin dan memastikan asupan pakan yang cukup,” kata Siti Nurbaya melalui postingannya.

Suksesnya kelahiran bayi gajah ini menjadi indikator keberhasilan pengelolaan gajah Sumatera eksitu di Tangkahan tersebut. Ini merupakan bagian dari upaya pelestarian populasi gajah Sumatera.

“Bayi Gajah yang baru lahir ini dilaporkan sudah dapat berdiri dan menyusu ke induknya. Sehat selalu,” Siti Nurbaya mendoakan.

Ia lalu mengajak netizen untuk memberikan saran nama untuk si bayi gajah Sumatera ini. “Kira-kira bayi gajah lucu ini kita kasih nama siapa ya?” ia bertanya (travel.detik.com)

Baca Juga :  UAS dan Edy Rahmayadi Disambut 10 Ribuan Jemaah Tabligh Akbar di Pangkalan Susu

Komentar Anda

Lingkungan Sumut