Membenahi Seni Rupa Dan Ekonomi Kreatif Melayu di Pesisir

Membenahi Seni Rupa Dan Ekonomi Kreatif Melayu di Pesisir

Oxomedia, Batubara – Ikatan Perupa Tanah Melayu (IPTM) adalah wadah berkesenian khususnya dalam bidang kesenirupaan baik tradisi maupun terapan. Walau banyak juga mengikut sertakan seni nan lainnya.

Ikatan ini terlahir pada tahun 2012 dari diskusi kecil dengan seorang Budayawan Melayu Indonesia.

Beberapa hari lampau para seniman yang tergabung di IPTM yang berasal dari wilayah Kabupaten Batubara yang dinakodai oleh saudara Ahmad Setia Bakti mengantarkan susunan anggota PD IPTM Batubara, yang direncanakan akan digelar pelantikan pada waktu dekat ini.

Dihadiri ketua umum IPTM OK Zulfani Anhar.SPd,MSi didampingi beberapa fungsionaris IPTM pusat seperti Dt Rudi syahfutra dan anggota yang berhadir.

Diharapkan PD IPTM Batubara dapat terus berbenah mengangkat sektor keseni rupaan melayu dan ekonomi kreatif yang memang sangat potensial di pesisir timur Sumatera Utara.

Saat ini IPTM (ikatan perupa tanah Melayu) telah berdiri diberbagai kota kabupaten Sumut seperti Langkat,Binjai, Medan, Deli serdang, Serdang Bedagai,kota Tebing tinggi, Batubara, Asahan, Tanjung Balai, Labuhan Batu Raya,  Sibolga, dan Tapteng.

Semoga dengan moto “Budaya terjaga tamadun jaya” diharapkan IPTM dapat kembali menggali segala kearifan lokal melayu dalam bidang seni rupa tradisi dan terapan di indonesia ujar OK Zulfan kepada awak media.(REL / BOB)

Komentar Anda

Baca Juga :  Terkait Hilangnya Ornamen Melayu, PB MBN Langkat Desak Bupati Segera Terbitkan Perbup
Gaya Hidup Sumut