Gubsu Edy Resmikan Proyek PLTGU 1.600 MW di Batubara

Gubsu Edy Resmikan Proyek PLTGU 1.600 MW di Batubara

Oxomedia, Batubara- Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) di Kabupaten Batubara resmi dimulai, Rabu (17/2/2021). Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirene dan pembukaan selubung maket bangunan PLTGU oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi pada acara groundbreaking di Desa Perupuk, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara.

PLTGU yang digadang-gadang berkapasitas 1.600 Megawatt (2 x 800 Megawatt) itu nantinya berfungsi untuk menyuplai energi listrik industri di kawasan Batubara dan sekitarnya, termasuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di Kabupaten Simalungun.

“Diutamakan untuk industri di Sumut, karena energi sangat krusial bagi industri. Ada dua pembangkit yang dibangun saat ini, masing-masing pembangkit memiliki kapasitas 800 MW,” kata Gubsu Edy dalam sambutannya.

Ini merupakan tahap pertama pembangunan PLTGU di Desa Perupuk, Kabupaten Batubara. Pengelola proyek PLTGU di tahap ini dipegang oleh PT Hanlim Energy Power. Pembangunan ini ditargetkan rampung dalam kurun waktu tiga tahun.

“Batubara ini merupakan kawasan dengan potensi luar biasa terutama industri, dan setelah kita hitung butuh listrik 5.000 MW. Hanlim bisa menyediakan total 4.800 MW, ini untuk menyokong kebutuhan energi industri di Batubara,” ujar Edy.

Dengan tersedianya energi yang cukup, menurut Edy, ada lebih 400 investor yang tertarik berinvestasi di Batubara. Karena itu, dia ingin dukungan dari seluruh masyarakat dan stakeholder untuk menyukseskan proyek ini.

Untuk pembangunan tahap pertama PT Hanlim Energy Power akan menggunakan lahan seluas 40Ha dengan nilai investasi sebesar US$ 5 miliar.

“Tahap awal itu butuh 40Ha dan targetnya selesai dalam waktu 36 bulan. Bukan hanya pembangkit, ada juga Floating Storage Regasification Unit (FSRU) untuk melengkapi proyek PLTGU ini. Jadi, selain energi, dari PLTGU ini juga bisa memasok gas untuk industri,” katanya Direktuar PT Hanlim Energy Power, Albert Kim.

Baca Juga :  Pemko Medan Kembali Tertibkan Pedagang Kaki Lima

Sementara itu, Bupati Batubara Zahir meminta masyarakatnya untuk menjaga keberlangsungan proyek ini. Dia meminta agar masyarakat menciptakan suasana kondusif karena ini untuk kebaikan Batubara dan juga Sumut.

Selain meresmikan pembangunan PLTGU, pada kesempatan ini Gubernur juga meresmikan pembangunan Masjid ar-Rahman yang dibangun di kawasan PLTGU. Turut hadir pada acara ini antara lain Wakil Bupati Batubara, Oky Iqbal Frima, Kepala Perwakilan BI Sumut Soekowardjo, Kepala Perwakilan BPK Sumut Eydu Oktain Panjaitan, Kepala OJK Kantor Regional 5 Sumbagut Yusuf Ansori, Sekdaprov Sumut R Sabrina, dan Bupati Simalungun JR Saragih.

(TIM/ Kominfo Sumut)

 

Komentar Anda

Peristiwa