Hujan Deras, Sejumlah Desa di Bima Banjir

Hujan Deras, Sejumlah Desa di Bima Banjir

Oxomedia, Bima – Hujan deras yang mengguyur dalam waktu cukup lama, mengakibatkan sejumlah desa yang berada di tiga Kecamatan wilayah Kabupaten Bima, tergenang banjir.

Banjir tak hanya menggenangi puluhan rumah warga, namun lahan pertanian yang berada di Desa Ngali, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima,  juga ikut terendam.

Kasubbid Penanganan Darurat dan  Bencana BPBD Kabupaten Bima, Bambang Hermawan mengungkapkan, sejumlah desa yang terdampak banjir, diantaranya  Desa Ngali yang berada di Kecamatan Belo, Desa Rabakodo di Kecamatan Woha,  dan Juga di Desa Bugis yang berada di Kecamatan Sape, Kabupaten Bima.

“Selain puluhan rumah warga, ada juga lahan pertanian warga di Desa Ngali yang tergenang banjir, kami sudah mengarahkan anggota TRC untuk melakukan pendataan awal ke sejumlah Desa yang terdampak, Insya Allah secepatnya kami akan turun langsung ke lokasi”. Kata Bambang, Sabtu (20/2/2021).

Banjir dibeberapa desa tersebut mencapai 50 hingga 80 cm. BPBD juga telah mengarahkan anggota Tim Reaksi Cepat ke sejumlah desa yang terdampak, untuk melakukan pendataan awal.

Salah seorang warga korban banjir, Muhammad Syafi’i mengatakan, untuk di wilayah Desa Bugis, Kecamatan Sape khususnya, menjadi wilayah langganan banjir disetiap musim hujan.

Karena banjir yang terjadi sejak sore hingga malam harinya masih menggenangi rumah-rumah mereka, sehinga sebagian warga terpaksa harus mengungsi kerumah kerabat mereka yang lebih aman.

“Kalau sebagian warga disini ada yang terpaksa mengungsi ke rumah keluarga mereka yang lebih aman, karena sejak sore sampai malam ini air masih tergenang, tapi ini sudah mulai surut”, ungkapnya.

Mengingat wilayah Desa Bugis yang rentan terdampak banjir, warga berharap agar pemerintah dapat melakukan normalisasi serta  pelebaran ruas drainase yang sempit.

Baca Juga :  Pemko Medan Siap Berkolaborasi Dengan BWS Sumatera II

Hal itu bertujuan agar saluran air hujan serta banjir kiriman dari wilayah pegunungan sekitar, tidak meluap ke pemukiman dan mengalir lancar menuju muara.( KBRN)

Komentar Anda

Peristiwa