Apa Itu Sundae? Simak Versi Dari Mana Asal dan Sejarahnya!

Apa Itu Sundae? Simak Versi Dari Mana Asal dan Sejarahnya!

Oxomedia,  Medan – Beberapa hari terakhir ini kota Medan dan sekitarnya terasa sangat panas, sinar mentari terasa menerpa mulai pagi hari hingga menjelang senja. Berbagai cara dilakukan masyakarat memerangi rasa gerah tersebut diantaranya dengan mengkonsumsi es krim Sundae.

Sundae ice cream

Mungkin banyak dari kita yang sudah mengenal es krim sundae. Salah satu pilihan favorit di berbagai restoran cepat saji, ada banyak cara menyajikan es krim sundae ini. Tapi umumnya, sundae terdiri dari beberapa scoop es krim vanilla, sirup cokelat atau buah-buahan lain, serta topping berupa kacang. Di Amerika Serikat sendiri, yang merupakan negara asal sundae, makanan ini juga disajikan dengan krim kocok dan buah cherry.

Meski ada kesepakatan bahwa sundae berasal dari Amerika Serikat, ada beberapa perbedaan tentang asal-usulnya. Ada beberapa wilayah sekaligus di negeri tersebut yang mengaku bahwa sundae lahir di daerahnya. Tertarik cari tahu perbedaan sejarah masing-masing daerah? Baca terus yuk!

Asal nama

Ada yang menyebut bahwa sundae adalah variasi dari es krim soda yang popuer. Lalu, sundae dibuat sebagai respon atas “Blue Laws” atau Hukum Biru yang salah satu isinya adalah larangan menjual soda di hari minggu. Sebagai ganti soda, maka ditambahkan berbagai bahan seperti yang sudah disebut di atas.

Sundaes awalnya hanya disajikan di hari minggu. Tapi makanan ini dengan cepat jadi populer dan kemudian muncul banyak permintaan agar sundae disajikan juga di hari-hari lain.

Versi Evanston, Illinois

Salah satu wilayah yang katanya menciptakan sundae karena adanya “Blue Laws” adalah Evanston, sebuah kota yang sangat religius. Setelah dibuat hukum yang melarang penjualan soda di hari minggu, Garwoord’s Drugstore mulai menyajikan es krim soda tanpa soda di hari Minggu, menyisakan hanya es krim dan sirup.

Baca Juga :  Januari bulan paling mematikan untuk kasus infeksi Covid-19 di AS

Versi Two Rivers, Winsonsin

Ed Berners, seorang pemilik toko soda dan es krim di Two Rivers, Wisconsin, memgaku sebagai orang pertama yang menyajikan sundae. Menurutnya, di tahun 1881, seoran gpelanggannya yang bernama George Hallauer meminta es krim dengan sirup cokelat yang biasanya dipakai hanya untuk campuran soda.

Berner mencoba sendiri es krim itu dan suka dengan rasanya. Makanan ini kemudian mulai disajikan setiap hari Minggu saja di tokonya. Sundae mulai dijual di hari-hari lain juga setelah diminta seorang anak perempuan yang datang ke tokonya dan berkata agar mereka berpura-pura hari kedatangannya adalah Minggu.

Sejarah sundae versi Berner diabadikan dalam bentuk replika toko es krim Berner dan sebuah prasasti yang memuat cerita seperti di atas.

Versi Ithaca, New York

Chester Platt yang merupakan pemilik toko obat Platt & Colt’s juga mengklaim sebagai pencipta es krim sundae. Menurutnya, sajian itu dibuatnya pertama kali di suatu Minggu sore tahun 1892.

Saat itu, seorang pendeta yang juga teman Platt datang ke toko obatnya dan meminta sesuatu untuk menyegarkan diri setelah misa. Platt lalu membawakan dua mangkuk es krim dengan sirup ceri dan buah ceri di atasnya. Platt dan teman pendetanya ternyata suka dengan rasanya dan memberi sajian itu nama “Cherry Sunday”.

Bukti bahwa Sundae lahir di Ithaca didokumentasikan di sebuah surat kabar tertanggal 5 Oktober 1892. Di situ, terdapat kolom yang mengiklankan sundae versi Platt. Bukti lain terdapat di sebuah buku yang mengonfirmasi bahwa Platt benar-benar menjual es krim di tahun 1890-an, sebuah surat dari sang pendeta yang bercerita tentang “Cherry Sundae”, dan sebuah surat dari Platt yang isinya tentang usahanya mematenkan sundae di tahun 1894.

Baca Juga :  Foto-foto dari Nasa ungkap keberadaan 'sungai emas' di Amazon

Sundae di era modern

Seperti yang kita tahu, sundae sekarang sudah lazim ditemukan di hari apapun –  bukan hanya Minggu. Kamu juga bisa menambahkan macam-macam sirup dan topping lho untuk membuat sundaemu jadi lebih menarik. Yuk coba buat sendiri es krim sundae versi kamu. (BOB/Vellutogelato)

Komentar Anda

Gaya Hidup