Dalam Sehari, Ribuan Puntung Rokok Berserak di Lapangan Merdeka

Dalam Sehari, Ribuan Puntung Rokok Berserak di Lapangan Merdeka

Oxomedia, Medan– North Sumatera Youth Tobacco Control Movement (NSYTCM) menemukan fakta yang mencengangkan dari hasil penelusuran yang mereka lakukan di Lapangan Merdeka Medan. Sebagai tempat umum dan juga tempat bermain anak yang merupakan kawasan tanpa rokok ( KTR) mereka menemukan ribuan puntung rokok di kawasan tersebut.

Koordinator NSYTCM Zulqadri didampingi sekretarisnya Khairul Ichsan Sipahutar mengatakan, bahwa menemukan sisa puntung rokok sebanyak 1.453 puntung rokok. Itu pun dilakukan hanya di waktu pagi. Minggu (21/11/21).

“Ini fakta yang mencengangkan yang seharusnya menjadi perhatian Wali Kota Medan. Medan sudah memiliki perda KTR, harusnya kawasan itu bebas dari rokok. Lapangan merdeka adalah satu dari 7 KTR yang harus terjaga,” ujar Zulqadri.

Ditambahkan Khairul, kegiatan ini mereka lakukan bekerjasama dengan Yayasan Pusaka Indonesia (YPI) sekaligus memperingati hari anak internasional.

“Ini adalah momen  kita bersama untuk menuntut hak anak, hak untuk sehat, hak untuk tumbuh kembang. Dan rokok yang bertebaran di KTR menunjukan bahwa Pemerintah Kota Medan abai dengan kepentingan anak,” ujar Khairul.

Dalam Perayaan Hari Anak Sedunia tahun 2021, NSYTCM yang terdiri dari mahasiswa tersebut juga bermain permainan tradisional bersama anak-anak.

Khairul Ichsan juga mengajak kaum muda untuk  tidak  membiarkan angka perokok terus meningkat, ditambah lagi dengan masuknya angka perokok  anak dibawah umur. Kaum muda harus sebagai pelopor dan penggerak.

Dalam kesempatan ini NSYTCM juga mengajak masyarakat menggunakan aplikasi pantau KTR, sebagai bentuk kontribusi kepada anak cucu agar kesehatan anak anak Indonesia bisa terjamin.

 

(release)

Komentar Anda

Baca Juga :  Gubsu Edy Resmikan Proyek PLTGU 1.600 MW di Batubara
Humaniora Peristiwa