Melalui Program Sapa Lingkungan, Walikota Bobby Serap Langsung Keluhan dan Masukan Warga

Melalui Program Sapa Lingkungan, Walikota Bobby Serap Langsung Keluhan dan Masukan Warga

Medan, Oxomedia- Meskipun hari libur, Wali Kota Medan Bobby Nasution tetap menjalankan tugasnya untuk melayani masyarakat. Minggu (13/2) petang, menantu Presiden RI Joko Widodo tersebut meluangkan waktunya berdialog dengan warga Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan. Pertemuan itu digunakan untuk menyerap langsung apa yang menjadi keluhan warga terkait infrastruktur, kebersihan maupun pelayanan aparatur di jajaran Kecamatan Medan Marelan.

Dialog berlangsung di Saung PTP2WKSS, Jalan Kapten Rahmad Buddin Gg Saung. Dalam dialog tersebut, Bobby Nasution didampingi Dandim 0201/Medan Kol Inf Hindratno Devidanto, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Faisal Rahmat, Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Topan OP Ginting, Kadis Kebersihan dan Pertamanan (DKP) SI Dongoran serta Camat Medan Marelan M Yunus.

Mengawali dialog, Bobby menjelaskan dialog bersama warga ini merupakan program baru bernama Sapa Lingkungan (Saling). Dijelaskannya, program ini untuk mendengar dan menyerap langsung keluhan maupun saran dari warga. “Insya Allah, apa yang menjadi keluhan warga, akan kita tindaklanjuti. Untuk itu, dalam dialog ini, saya sengaja membawa sejumlah pimpinan OPD terkait agar segara menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan bapak dan ibu,” kata Bobby Nasution.

Oleh karenanya, Bobby Nasution minta kepada warga agar tidak takut untuk menyampaikan keluhannya. Sebab, keluhan itu bukan untuk menjelekkan OPD, camat, lurah maupun kepala lingkungan. “Jadi, sampaikanlah keluhan yang dirasakan selama ini untuk dilakukan perbaikan,” harapnya.

Setelah mendengar ucapan Bobby Nasution tersebut, Marsiyem, warga Lingkungan 9, Kelurahan Rengas Pulau menyampaikan keluhan terkait kebersihan di lingkungannya. Akibat truk sampah tidak bisa masuk, banyak warga yang buang sampah sesuka hatinya terutama di tanah kosong. Untuk itu, ia berharap agar armada becak pengangkut sampah secara rutin mengangkut sampah.

Baca Juga :  Pasca Ditegur Bobby, Dinas PU Perketat Pengawasan Pemasangan U-Ditch

“Selain itu, kami juga minta agar jalan di Lingkungan 9 Gg Jambu untuk diperbaiki. Selain berlubang, letaknya juga lebih rendah sehingga sering digenangi air saat hujan turun. Kami berharap sebelum puasa, jalan sudah diperbaiki karena di situ ada masjid,” harap Marsyiem.

Lalu, Poniran yang mengaku tinggal 200 meter dari TPA Terjun minta agar parit kecil tempat keluar masuknya air laut dapat segera diperbaiki. Sebab, kondisi parit yang tidak memadai, menjadi penyebab terjadinya banjir jika air laut pasang. “Di samping itu pak, Jalan Paluh Nibung juga kalau bisa diperbaiki dan dibeton,” bilang Poniran.

Kemudian, Nasrun menambahi terkait parit di Jalan Rahmad Buddin mulai Titi Karmila sampai Simpang Jalan Paluh Nibung tidak pernah dinormalisasi sehingga mengalami penyempitan yang memicu terjadinya banjir. “Kami minta parit dapat dinormalisasi,” ungkap Nasrun.

Terakhir, Wita warga kelurahan Paya Pasir minta lampu penerangan jalan umum (LPJU) di Lingkungan 4 tempat tinggalnya dapat dipasang. Selain itu, menindaklanjuti judi tembak agar tidak meresahkan masyarakat.

Bobby Nasution langsung meminta kepada OPD terkait untuk menjawab keluhan yang disampaikan tersebut. Menyikapi soal jalan rusak, Kadis PU mengatakan siap menindaklanjutinya. “Kita akan perbaiki dan sebelum bulan puasa tiba, seluruh jalan rusak yang dikeluhkan, kita upayakan selesai,” janji Topan.

Selanjutnya, mengenai normalisasi parit di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Topan akan menindaklanjuti dengan berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Sumut. Sebab, itu kewenangan Pemprov Sumut, bukan Pemko Medan. “Secepatnya kolaborasi kita lakukan agar normalisasi dilakukan,” jelasnya.

Terkait LPJU, Kadis DKP mengatakan dalam Minggu ini, akan segera dipasang. “Dalam waktu dekat akan segera kita pasang,” bilangnya seraya dilanjutkan Dandim 0201/Medan dan Kapolres Pelabuhan Belawan yang mengatakan siap berkolaborasi dengan Pemko Medan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca Juga :  Gubernur Edy Rahmayadi Berharap Berikan Ide Pembangunan Sumut

Bobby Nasution selanjutnya minta kepada Kadis PU dan Kadis DKP untuk menepati janji yang disampaikan kepada masyarakat. Ia akan datang kembali untuk memastikan apakah janji tersebut telah direalisasikan. Warga mengaku sangat puas atas program Saling yang dilakukan Wali Kota, sebab apa yang menjadi keluhan selama ini segera ditindaklanjuti. “Terima kasih Pak Wali, keluhan kami langsung ditanggapi,” ungkap warga setelah dialog selesai.

(TIM/Rel)

Komentar Anda

Humaniora